Breaking News

Physical Distancing, Tetap Batasi Jarak Secara Mandiri

Foto: Jarak 1 Meter antara Petugas Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai. Rabu, (25/03/2020).

MENTAWAI, FN- Tim gugus tugas kabupaten kepulauan Mentawai hingga kini tetap berupaya mencegah masuknya virus Corona atau Covid 19 dalam kurun waktu 14 hari pemutusan mata rantai. 

Upaya termat penting adalah mencegah masuknya Covid-19 melalui Masyarakat dari daerah terjangkit atau diluar wilayah kepulauan Mentawai. Salah satunya mendirikan posko Sterelisasi Disinfektan dan pemeriksaan Masyarakat memasuki kepulauan Mentawai di pelabuhan Tuapejat. 

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar selain Sterelisasi Disinfektan, menjaga jarak fisik antar manusia (physical distancing) merupakan salah satu bentuk pencegahan penularan Covid-19. 

Dikatakannya jarak tempat duduk minimal 1 meter merupakan salah satu pencegahan penyebaran Covid-19 secara mandiri. Misalkan diantaranya, di kapal dan tempat antrian, dimana ini menjadi sumber potensi penularan.

Selanjutnya, menjaga Imunitas tubuh seperti cuci tangan pakai sabun dan menjaga stamina. Pihaknya selalu mensosialisasikan sumber dan dampak dari penularan itu. Apalagi penularan ini dapat berkembang hanya dari satu orang. 

“Tetapi apabila ada salah satu menjadi penular dan kita tidak menjaga perilaku hidup bersih dan sehat kita, ini yang kita takutkan karena kita tidak tahu dan melihat siapa yang menjadi penular melalui tangan,” kata Lahmuddin Siregar saat diwawancarai Wartawan di pelabuhan Tuapejat, desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara. Rabu, (25/03/2020).

Disebutkan adapun fase Sterilisasi Disinfektan yang dilalui meliputi, posko sterilisasi Disinfektan dari BPBD Mentawai, posko Dinas Kesehatan untuk cuci tangan, cek suhu tubuh dan pengisian data asal kepergian guna mengetahui Masyarakat dari daerah terjangkit. 

Meski demikian Sterilisasi Disinfektan dikatakan Lahmuddin tidak cukup untuk antisipasi dan pencegahan. Namun pihaknya tetap memberikan sosialisasi edukatif terhadap Masyarakat tentang pentingnya cuci tangan pakai sabun disetiap saat guna menghindari sentuhan satu ke lainnya, salah satunya ditempat umum. 

Maka Pemerintah, TNI dan Polri bersama-sama memberikan pemahaman tentang pentingnya untuk menjaga keselamatan diri dari ancaman penularan Covid-19 tersebut.

“Maka melalui physical distancing, pembatasan jarak cara kita mencegah covid-19 dengan tidak berjabat tangan atau jaral 1 meter bukan berarti kita sombong. Tetapi ini cara kita mencegah dari sipenular,” tutupnya. (ev)  

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre