Breaking News

Jalan Raya di Pulau Sipora Minim Penerangan

Foto: PT. PLN (persero) rayon Tuapejat, Mentawai.

MENTAWAI. FN- Jalan raya penghubung kecamatan Sipora utara dengan Sipora selatan kabupaten kepulauan Mentawai saat ini masih minim dengan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). 

Menurut Maneger PT. PLN Persero Mentawai, Ravi bahwa PJU merupakan tanggung jawab Pemerintah setempat. Hal itu dibuktikan dengan adanya Pajak Penerangan Jalan (PPJ) 10 persen dipotong melalui pembayaran tagihan listrik dari pelanggan untuk Pemerintah Daerah (Pemda).

Menurutnya, terdapat 2 jenis PJU yakni PJU dikelola langsung oleh Pemda dan PJU swadaya Masyarakat. Apabila masyarakat belum mampu untuk swadaya maka dapat diusulkan kepada Pemda dibagian umum.

Ravi mengatakan PJU wajib bagi jalan protokol atau jalan pusat keramain. Misalkan di Tuapejat dari Km-0 sampai Km-10. Meski demikian itu tergantung terhadap kesiapsiagaan dimasing suatu daerah. 

“Kalau memang kecamatannya progres terus terhadap pemda. Saya rasa pemdanya mau memfasilitasi,” ungkapnya kepada Wartawan di Kantor PT. PLN Persero Rayon Tuapejat. Jl. Raya Tuapejat Km-02, Kecamatan Sipora utara. Selasa, (17/03/2020).

Dijelaskan pemasangan unit PJU dapat dilakukan apabila berada pada jaringan listrik PLN. Sifatnya PJU adalah menumpang ke Jaringan PLN. Hal itu tentu melalui MoU atau surat tertulis dari PLN dan melalui Pemda setempat. 

Pemasangan PJU dari kecamatan Sipora utara hingga Sipora selatan dikatakannya sah-sah saja karena jalan itu telah dilalui jaringan PLN. Hanya saja kembali kepada usulan dari Masyarakat dan analisa dari Pemda itu sendiri. 

Prioritas lokasi pemasangan lampu PJU tergantung pada faktor-faktor pendukung seperti keamanan lingkungan melalui izin dari Kepolisian setempat.

Menurut pantauan figurnews.com selain desa di pusat kota, rata-rata lampu PJU masih minim terpasang di berbagai jalan penghubung antara desa satu ke desa lain di kecamatan Sipora utara menuju kecamatan Sipora selatan. 

Adapun total keseluruhan desa di Pulau Sipora berjumlah 13 desa yang terbagi dari 2 kecamatan yakni kecamatan Sipora utara dan Sipora selatan.

Diantaranya, Desa Goisoinan menuju Matobe, Desa Matobe menuju Saureunu, Desa Saureunu menuju Sioban, Desa Sioban menuju Mara, Desa Mara menuju Nemnem leleu, Desa Nemnem leleu menuju Bosua dan Desa Bosua menuju Beriulou serta Desa Beriulou menuju Desa Betumonga. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre