Breaking News

Ingatkan Warga Shalat Jumat, Babinkamtibmas Tuai Pujian

Pasaman Barat(Sumbar),FN - Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sudah dua pekan terakhir ini, seorang Polisi yang bertugas sebagai Babhinkamtibmas di daerah itu menggelar kegiatan cukup unik.

Polisi itu diketahui bernama Bripka Sarmadi, ia mengelilingi Nagari Air Bangis seorang diri menggunakan motor dinas bhabinkamtibmas nya, untuk mengajak warga agar segera siap-siap melaksanakan shalat Jumat di masjid terdekat.

Video aktivitas imbauan Bripka Sarmadi itu beredar melalui media sosial (Facebook dan Watshapp). "Selamat siang, kepada masyarakat Nagari Air Bangis, kami dari unit Binmas Polsek Sungai Beremas mengimbau dan mengajak kepada saudara-saudara muslim, untuk segera menuju masjid karena waktu shalat jumat akan segera tiba.

Video yang dibagikan pada Jumat (13/3/2020) oleh seorang warga yang bernama Rifki Winanda itu tentu menuai beragam jawaban positif. Banyak warga yang mengatakan kalau yang dilakukan oleh Bripka Sarmadi patut diacungi jempol.

"Ini baru pertama kali ada di Nagari Air Bangis, semoga yang dilakukan oleh Bripka Sarmadi terus berkelanjutan untuk kedepannya," sebut pemilik akun Rifki Winanda saat dihubungi Figurnews.com, Sabtu (14/3/2020).

Lanjut warga Nagari Air Bangis itu menjelaskan, masyarakat di daerah itu sangat antusias melihat sesosok anggota Polri datang menyambangi warga, Bripka Sarmadi datang langsung ke warung-warung kopi untuk menyerukan shalat Jumat.

"Ini patut diapresiasi, karena ini pertama kali dilakukan oleh aparat yang bertugas di daerah kami, dia datang sendirian, dengan menggunakan motor dinas nya dengan diiringi suara rekaman imbauan untuk mengingatkan shalat Jumat," jelasnya.

Sementara Bripka Sarmadi mengatakan, sejauh ini ├Ča melakukan itu karena inisiatif sendiri. Bertugas selama tiga tahun didaerah itu sebagai Babhinkamtibmas, membuat dia merasa terpanggil untuk mengajak warga agar tidak lalai mengerjakan shalat Jumat.

"Saya berinisiatif untuk melakukan ini, karena melihat umat muslim saat ini banyak yang lalai. Saya mengingatkan kaum laki-laki, agar segera bersiap-siap datang ke masjid untuk solat Jumat," katanya kepada Klikpositif.

Ia menyebut, sebagian warga di Nagari Air Bangis bekerja sebagai nelayan, kata Sarmadi, karena asik bekerja di tepi laut itu mereka lalai untuk shalat. Untuk itu ia termotivasi untuk mengajak dan mengingatkan bahwa shalat Jumat akan tiba.

"Ini inisiatif saya dan itu suara saya sendiri yang saya rekam dirumah. Ini juga telah saya lakukan selama dua pekan terakhir," sebut anggota Polri kelahiran Kecamatan Lembah Melintang itu.

Lanjutnya menjelaskan, kegiatan yang dilakukan itu dimulai nya setiap pukul 11.30 WIB menjelang waktu shalat Jumat tiba. Ia memulai dari kantor Polsek Sungai Beremas lalu mengelilingi wilayah Nagari Air Bangis. Ia memprioritaskan, di lokasi-lokasi keramaian, seperti pasar tradisional, pusat pertokoan, tempat-tempat wisata, dan lain-lain.

Selain Bripka Sarmadi melakukan imbauan untuk shalat Jumat. Pada setiap hari Senin sampai Selasa, ia juga melakukan imbauan dengan pengeras suara kepada warga, untuk mengingatkan kepada orang tua yang memiliki anak, agar menjaga dan menjauhkan dari pengaruh narkoba.

"InshaAllah ini akan berkelanjutan saya lakukan, setidaknya dengan ada himbauan dapat memberikan kesadaran, agar jangan pernah lalai dalam perkara shalat. Tujuan saya, hendak meneguhkan nuansa islami di tengah masyarakat Nagari Air Bangis," ungkapnya.

Bripka Sarmadi berharap, masyarakat di Nagari Air Bangis yang dihuni oleh mayoritas muslim agar terus meramaikan masjid di setiap waktu. Sehingga kata dia, sebagai umat muslim dapat dijauhkan dari perkara yang dilarang agama dan dari segala musibah serta bencana.

"Ini niat saya, dengan selalu meramaikan masjid, kita akan selalu dekat kepada Allah, semoga imbauan yang saya lakukan ini bermanfaat buat orang banyak. Terima kasih untuk support nya dari berbagai kalangan masyarakat di Nagari Air Bangis," ucapnya.

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre