Breaking News

CEGAH VIRUS CORONA, PASBAR BENTUK TIM SATGAS

Pasaman Barat(Sumbar),FN - Pemkab Pasaman Barat Sumatera Barat membentuk Satuan Tugas (Satgas) pencegahan virus corona (Covid-19) di daerah itu.

Bupati Pasaman Barat Yulianto melalui Sekretaris Daerah, Yudesri mengatakan langkah tersebut diambil guna mencegah merebaknya virus Corona.

"Pembentukan Satgas ini sebagai bentuk tindak lanjut imbauan pemerintah pusat terkait pencegahan Covid-19. Tadi baru saja kita rapatkan bersama dengan seluruh stakeholder di Pasaman Barat akan hal ini. Satgas ini terdiri dari unsur teknis mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, BPBD, Bappeda, Kesbangpol, BPKAD, Polri dan TNI," terang Yudesri, Senin (16/3/2020).

Yudesri menyebutkan dengan terbentuknya Satgas itu agar nantinya pencegahan dan penanggulangan virus corona itu lebih jelas dan terarah.

Di Satgas itu nantinya disusun protokol pencegahan penyebaran virus Covid-19 serta SOP untuk melakukan tindakan terhadap pasien yang terkena virus Covid -19 nantinya," katanya.

Kemudian kata dia melalui Satgas itu bakal dibentuk Posko Kesehatan dan juru bicara (jubir) terkait perkembangan pencegahan virus corona.

Kemudian bakal disusun secara berkala dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum yang di anggap perlu pencegahan. Jadi semua terkoodinir di dalam Satgas ini nantinya," katanya.

Memang diakuinya hingga saat ini belum satu pun warga setempat dilaporkan terinfeksi virus covid-19 tersebut.

"Ada satu pasien kemarin beredar terinfeksi virus corona, namun setelah di cek ternyata hoax. Pasien tersebut hanya menderita penyakit paru-paru. Nah kedepan bakal ditingkatkan pengawasan dan pemeriksaan setiap pasien yang ditangani oleh tenaga medis disetiap fasilitas kesehatan yang ada di Pasbar," katanya.

Pihaknya juga bakal melibatkan para Babinsa dan Bhabinkamtibmas diseluruh desa dalam mensosialisasikan pencegahan virus corona.

"Nanti bakal dilakukan juga oleh seluruh Puskesmas yang ada dalam mencegah virus corona ini. Meskipun demikian kepada masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi virus corona. Karena pemerintah telah melakukan langkah langkah pencegahan dan penanggulangan," tutupnya.

Dif

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre