Breaking News

Cegah COVID-19 Falsum Pasbar Akan Disemprokan 33 Ton Disinfektan Pada 26 - 28 Maret

Simpang Empat(Sumbar),FN - Tim Gugus Tugas Penanggulangan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Pasaman Barat bersama jajaran TNI dan Polri akan menyemprotkan sebanyak 33 ton disinfektan fasilitas Umum (Fasum) di daerah Tuah Basamo tersebut, penyemprotan akan dimulai 26 sampai 28 Maret 2020.


Ditargetkan, penyemprotan disinfektan tersebut dapat menyasar semua lini fasilitas umum yang ada di Pasaman Barat.

Bupati Pasbar, Yulianto menyebutkan, sudah mengkoordinasikan dengan tim Satgas, TNI dan Polri tentang teknis penyemprotan disinfektan agar lebih efektif.

Bahkan, dalam rentang waktu tersebut, setiap Organisasi Perangakat Daerah (OPD) juga akan dikerahkan untuk melakukan penyemprotan mandiri serta diminta mengedukasi masyarakat untuk meracik disinfektan agar bisa digunakan di rumah masing-masing.

"Kita sudah bicarakan teknis penyemprotan serentak di Pasaman Barat, semoga ini bisa mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya di Simpang Empat, Rabu (25/3/2020).

Sementara itu, Dandim 0305 Pasaman, Letkol Inf. Ahmad Aziz mengaku siap untuk mengerahkan seluruh personel untuk penyemprotan disinfektan.

Anggota TNI, katanya, akan bekerjasama dengan pemerintah dalam menangani wabah Virus Corona di Pasbar.

Lalu, hal yang sama juga disampaikan Kapolres Pasbar, AKBP Fery Herlambang. Ia berharap penyemprotan disinfektan tersebut dapat mempersempit penyebaran Covid-19.

“Personel kita siap membantu. Bahkan, satu unit watercanon milik Polres Pasaman Barat akan dikerahkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekretaris Pelaksana Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasaman Barat, Edi Busti menjelaskan, selama penyemprotan di tingkat kecamatan, posko utama akan menyediakan sekitar 100 liter cairan disinfektan, dengan puluhan tangki pompa manual.

Selain itu, penyemprotan juga akan menggunakan mobil damkar serta watercanon. Untuk teknis penyemprotan serta cara peracikan disinfektan, kata Edi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siap membantu.

“Penyemprotan akan dilakukan di jalan jalan utama dan fasilitas umum serta perkantoran. Hal serupa juga dilakukan unsur kecamatan dan nagari secara serentak, diperkirakan disinfektan yang akan disemprotkan itu mencapai 33 ton,” katanya.

Sebelumnya Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat  sudah melaksanakan penyemprotkan Disinfektan di berbagai Fasilitas Umum seperti perkantoran Pemda  dan gedung DPRD Pasaman Barat dan Masjid.

Rida Warsa Komandan Markas PMI Pasbar mengucapkan "Terimakasih kepada relawan dan masyarakat yang telah berperan aktif bersama PMI ikut berperang melawan virus Corona.

"Penyemprotan desinfektan ini tidak ada artinya tanpa dilanjutkan dengan desinfeksi rutin dan SOP cuci tangan bagi seluruh pengunjung Fasum. insyaallah PMI Siap Bantu"
Salam kemanusiaan.!!

(Dodi Ifanda)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre