Breaking News

Butuh Bapak Angkat,Perguruan Silek Pasak Tuo Nunang Daya Bangun

Payakumbuh(Sumbar),FN - Di Kota Payakumbuh ternyata masih terdapat sebuah perguruan silat,yang bernama Perguruan Silek Pasak Tuo yang tepatnya berada di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB). Sudah diresmikan semenjak lebih dari 1 tahun yang lalu, perguruan ini didirikan karena mulai menipisnya atau bisa dibilang tidak ada  perguruan silek di Kota Payakumbuh.

Berdirinya perguruan silek tersebut bertujuan untuk membekali generasi-generasi muda menuju generasi yang sehat dan kuat serta jauh dari pengaruh-pengaruh negatif.dan supaya generasi muda saat ini bisa bela diri guna melindungi diri dari kejahatan yang ada.

Perguruan yang dilatih oleh seorang Guru yang bernama Oon Purnama ini awalnya hanya mempunyai anak didik  sekitar 4 orang saja. Dan alhamdulillah dengan berjalannya waktu kini sudah punya murid kurang lebih sekitar 30 orang.

Mereka adalah anak-anak sekitar Kelurahan NDB bahkan sekarang sudah ada dari kelurahan-kelurahan lain.

Dedi hendri sebagai Ketua Karang Taruna NDB  selalu mensuport dari awal mula berdirinya perguruan silek ini.

"Alhamdulillah sekarang perguruan silek ini masih berdiri walau seadannya," kata Dedi Hendri saat diwawancara, Pada Kamis (12/03/2020).

Murid-murid perguruan ini adalah anak-anak di NDB yang pada umumnya adalah warga yang ekonominya lemah, tapi dengan niat untuk perubahan anak-anak ini sangat bersemangat latihan silek walau kadang tanpa di lengkapi pakaian resmi latihan silek.

"Ada yang pakai celana pendek dan baju kaos saja, namun karena tekad dan niat mereka di perbolehkan untuk latihan, saya sebagai Ketua Karang Taruna sangat mendukung keberadaan perguruan ini, dan sangat berterima kasih pada Pak Oon sebagai guru silek yang mau melatih anak-anak tanpa pamrih," ungkap Dedi Hendri alias Aseng ini.

Perguruan ini latihannya 2 kali dalam seminggu,Hari  Selasa dan Jumat malam habis shalat magrib sampai pukul 09.00 wib. Murid-murid Pasak Tuo ini juga sering ikut pertandingan ke beberapa daerah di Sumbar  dan sudah beberapa kali juara dalam pertandingan itu.

"Dedi hendri berharap adanya perhatian pejabat pemko atau pejabat legislatif untuk membina dan membantu perguruan silek ini."

"Selama ini dukungan untuk ke langsungan perguruan ini yang didapat  hanya dari iuran warga dan orang tua murid saja,semoga kita bisa mengubah generasi-generasi muda ini menjadi generasi handal dan  jauh dari  pergaulan negatif," harap Dedi.

Saat latihan pada Selasa (10/03/2020) malam, Lurah NDB Ari Ashadi menyaksikan langsung kegiatan tersebut, saat itu Lurah berjanji akan memasukkan dukungan kepada perguruan ini dalam Alokasi Dana Kelurahan (ADK) tahun depan.

Namun, Dedi berharap ada bapak angkat untuk mendukung eksistensi dari Perguruan Silek Pasak Tuo ini.

"Saya sebagai Ketua Karang Taruna mempunyai tanggung jawab moral untuk generasi penerus NDB," pungkasnya. (FN054)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre