Breaking News

Yalpema Jurin: "Masyarakat Harus Tahu Fungsi Pers"

Kab. Tanah Datar(Sumbar),FN - Memperingatan Hari Pers Nasional, 09 Februari 1946 - 09 Februari 2020, Tokoh Masyarakat yang sekaligus merupakan Tokoh Agama dan Politik, Yalpema Jurin mengatakan bahwa "Masyarakat Harus Tahu Fungsi Pers".

Yalpema mengatakan bahwa sangat penting bagi masyarakat dan publik untuk mengetahui fungsi Pers. Dengan mengetahui fungsi dan peranan Pers, maka anggapan-anggapan "miring" tentang Pers tidak akan terjadi lagi di tengah-tengah masyarakat.

"Banyak masyarakat Indonesia hanya memahami Pers sebatas berita atau Surat Kabar tanpa pernah bersungguh-sungguh mempelajari dan menghayatinya. Sehingga banyak Pihak yang menganggap Pers sebagai "musuh"atau "Dunia Usil" yang kurang kerjaan. Padahal fungsi dan peranan Pers itu sama pentingnya dengan pilar-pilar demokrasi lainnya", katanya.

Lebih lanjut Yalpema menjelaskan Fugsi dari pers selain dari media informasi juga sebagai media pendidikan.

"Dalam hal ini Pers turut mencerdaskan bangsa dengan menyebarkan informasi-informasi berkualitas dan mendidik, menyampaikan informasi teknologi dan pengetahuan baru, merangsang kreatifitas anak-anak bangsa bahkan memberikan ruang bagi pemikiran-pemikiran baru", katanya.

Selanjutnya pers adalah Media Hiburan, dan Pers sebagai Media Sosial.

Yalpema berharap, para pelaku Pers dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan tuntunan UU Pers No.40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik.(Hendri)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre