Breaking News

Tak Bisa ke BPN di Tuapejat, Masyarakat Bisa Urus Tanah di Padang

Foto : Jalur menuju Teras Agraria Padang. Rabu. (12/02/2020).

MENTAWAI. FIGURNEWS.COM- Kabupaten kepulauan Mentawai yang terdiri dari 4 pulau besar menjadi kendala bagi sebagian Mayarakat dalam pengurusan tanah ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepulauan Mentawai di pusat kota kabupaten di Tuapejat, kecamatan Sipora utara.

Maka dari pada itu Kantor BPN kepulauan Mentawai juga membuka pelayanan Pendaftaran Tanah Sitematik Lengkap (PTSL) di teras Agraria Padang. Hal itu dilakukan agar mempercepat proses pembuatan sertifikat tanah Masyarakat kepulauan Mentawai. 

“Jadi jika Masyarakat merasa jauh ke Tuapejat maupun ke Padang tinggal memilih saja mau urus dimana. Namun jika ada Masyarakat yang pergi kepadang ketika mengantarkan anaknya sekolah maupun kuliah, mengunjungi keluarga maupun berdagang, maka manfaatkan waktu untuk singgah mencari informasi dan mengurus PTSL di Teras Agraria, Jl. Batang Arau No. 88, Berok Nipah, kecamatan Padang barat, Kota Padang,” ungkap Kepala Kantor BPN Mentawai, Yunaldi kepada Wartawan. Rabu, (12/02/2020).

Diterangkannya, adapun yang perlu dibawa Masyarakat untuk PTSL ialah Surat bukti perolehan tanah dari wilayah setempat, photo copy Kartu Anggota Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga. Setelah itu Masyarakat bakal di pandu dalam pengisian Blanko permohonan lain yang langsung disediakan BPN.

Ia berharap kepada Masyarakat yang belum tidak masuk dalam layanan kegiatan PTSL secara gratis. Maka segera mendaftarkan tanah di Teras Agraria di kota Padang. Setelah proses PTSL selesai maka pihaknya kan melakukan pengukuran ke lokasi tanah warga tersebut. 

Terkait pembayaran mengacu atau berpedoman pada Peraturan Pemerintah nomor 128 tahun 2015 tentang jenis dan tarif atas penerimaan Negara bukan pajak yang berlaku pada Kementrian ATR/BPN. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre