Breaking News

SMKN 1 Saureinu, Danramil 03 Sipora: Arti Wasbag dan Nilai Pancasila

Foto : Danramil 03 Sipora saat menyampaikan Wasbag di depan Guru dan Siswa SMKN 1 Saureunu. Kamis, (20/02/2020).

MENTAWAI. FIGURNEWS.COM- Komandan Rayon Militer (Danramil) 03 Sipora Kapten Inf J. Sihaloho berikan pemahaman Sosialisasi tentang Wawawasan Kebangsaan (Wasbag) dan Materi Nilai Nilai Pancasila di hadapan guru serta siswa siswi SMKN 1 Saureinu Sipora Selatan.

Menurutnya, Negara negara di dunia Internasional berbeda-beda dasar-dasar ideologinya, ada negara super power yaitu negara Amerika dan ada negara islam di Arab saudi dan suriah serta negara komunis di Cina dan Rusia atau Soviet.

Di katakannya, namun negara Indonesia berbeda dengan negara lain demikian juga dasar ideologinya, Indonesia punya Pancasila serta Undang Undang Dasar 1945 sebagai dasar Negara Kesatuan Repuplik Indonesia, papar J. Sihaloho di hadapan peserta

"Ideologi bangsa Indonesia sudah lama menganut BHINEKA TUNGGAL IKA. Sebelum merdeka bangsa indonesia sudah berkuasa di Asia Tenggara meliputi Malaysia, Pilipina dan Semenanjung Korea oleh kerajaan terbesar di Asean yaitu kerajaan Sriwijaya dan kerajaaan Majapahit, ujarnya kepada Wartawan di SMKN 1 Saureunu, desa Saureunu, kecamatan Sipora utara, kabupaten kepulauan Mentawai. Kamis (20/02/2020).

"Dimana kerajaan Majapahit membantai pasukan kaisar Mongolia di selat sunda pasukan Kubilaikan oleh pasukan Garuda Mojopahit di perairan selat Malaka dekat Malaysia" kisahnya.

Ia menambahkan, bahwa pasukan Garuda yang mana saat ini sudah menjadi lambang Bhinneka Tunggal Ika dengan lambang burung Garuda dimana kekuatan bangsa indonesia bertumpu pada Bhineka Tunggal Ika yang mana dalam artinya berbeda beda suku, budaya, dan adat istiadat, sebutnya.

"Penduduk mendiami pulau pulau besar dan kecil serta pulau terluar dan hidup sesuai kondisi alamnya", kata dia.

Dalam pemaparan yang berlangsung tadi pagi, Danramil J Sihaloho juga memberikan sosialisasi materi tentang Pancasila secara lebih mendalam dengan menguraikan point sila kelima dan sila sila terkandung dalam pancasila.

"Intinya adalah point ke 2(dua) yaitu Kemanusiaan yg adil dan beradab, ini merupakan sumber hukum dan segala hukum baik sebagai perekat untuk pemersatu", ujarnya.

Kita berharap dalam kegiatan ini anak bangsa sebagai penerus pembangunan dapat memfungsikan agama agar rasa kemanusiaan yang beradab tertanam dalam diri anak bangsa, ucapnya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre