Breaking News

Polda Sumbar Harus Jaga Netralitas Dalam Pilkada di Sumbar

Padang(Sumbar),FN - Sekaitan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 74 Polda Sumbar menggelar Silaturahmi dan Kemitraan bersama media di Malpoda Sumbar, Kamis, (21/02/2020) sekitar pukul 09.30 Wib.

Kegiatan silaturahmi ini juga dihadiri oleh Kapolda Sumbar, Kabid Humas, Ketua PWI Sumbar diwakili Basril Basyar, Jajaran Penjabat Utama Polda Sumbar serta awak media Cetak, Elektronik dan Online.

Dalam pertemuan tersebut, Basril Basyar juga banyak menerima laporan sekaitan pemberitaan dan langsung ditanggapi oleh pihak kepolisian untuk melakukan proses. Pada hal, setiap pemberitaan harus melalui proses yang telah diterapkan dalam MoU Dewan Pers(DP) dengan Polri.

Ketua PWI Sumbar yang diwakili oleh Basril Basyar menyampaikan kepada pihak Polda Sumbar untuk tetap berpedoman pada UU No.40 tahun 1999 tentang pers dan juga kode Etik Jurnalistik, termasuk mengenai MoU atau kesepakatan bersama Dewan Pers dengan Polri..

“Jika bapak Kapolda beserta jajaran menghadapi persoalan terkait pemberitaan media masa atau menerima aduan seputar pemberitaan pers, kami disini mewakili segenap insan pers di Sumatera Barat mengingatkan supaya penanganannya berpedoman pada UU Pokok Pers, dan kode etik Jurnalistik” paparnya dalam acara .Silaturahmi dan Kemitraan.

Lanjutnya,"dan kita juga telah ada kesepakatan sebagai insan pers melalui Dewan Pers dengan  Polri melalui MoU."

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumbar Irjen Pol Tomy Hermanto, MH mengucapkan selamat hari Pers kepada rekan- rekan media, media merupakan sarana yang dapat membantu kinerja polri melalui sebuah informasi dan berita, dan tentu berita yang disampaikan harus sesuai dengan fakta, berimbang dan terpecaya”, jelasnya.

“Terkait sebentar lagi akan diadakan perhelatan besar di Sumbar, yaitu pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Kapolda berharap agar media bersikap netral dalam menyajikan sebuah berita agar tidak terjadinya hoaks yang dapat memperkeruh suasanana”,pungkasnya.
(FY)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre