Breaking News

Peserta Ujian CPNS 2019 Ikuti SKD di BKPSDM Mentawai

Foto: Kepala BKPSDM Mentawai, Sermon S saat memantau kesiapan Peserta Ujian CPNS 2019.

Mentawai. Figurnews.com- Sebanyak 1.998 Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 mengikuti ujian Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) di Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mentawai. Jl Raya Tuapejat Km-04, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora utara. 

Menurut Kepala BKPSDM Mentawai, Sermon S bahwa SKD berlangsung dari hari ini, Rabu, 19 hingga 27 Februari 2020 mendatang. Jumlah peserta dibagi dengan 40 sesi dengan jumlah 50 peserta per sesi.  

“Hingga sekarang sudah 3 sesi peserta mengikuti ujian SKD dan saat ini sesi ke-4 tengah berjalan,” ungkap Kepala BKPSDM Mentawai kepada Wartawan ditempat pemeriksaan peserta. Rabu, (19/02/2020). 

Dikatakannya dari sebanyak 1.998 peserta itu akan diseleksi untuk mengisi 160 formasi di wilayah kepulauan Mentawai. dari jumlah 160 formasi ada 3 formasi diperuntukan bagi Peserta penyandang Disabilitas.

Ujian SKD dilaksanakan menggunakan sistim Computere Assisted Tes (CAT) dikatakan Sermon dikelola langsung oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia. SKD terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan ( TWK), Tes Intelegensi Umum (TIW) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan waktu ujian selama 190 menit per sesi..

Ketiga Sub-Tes memiliki nilai ambang batas (Passing Grade) yang telah diatur melalui Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) nomor 24 tahun 2019. Adapun Passing Grade dimasing sub-tes ialah 65 TWK, 80 TIW dan 126 TKP. 

“Begitu mereka selesai ujian peserta langsung melihat nilai hasil ujian SKD sesui passing grade yang telah ditentukan. Setelah ujian disetiap sesi nilai peserta langsung di copy dan ditempelkan di dinding halaman kantor,” terangnya. 

Disebutkannya, adapun teknis ujian meliputi tempat pendaftaran, ruang peralatan ruang detektor atau ruang pemeriksaan peralatan peserta dan ruang steril dimana peserta tidak dibolehkan membawa peralatan yang dapat menggangu aturan ujian. 

“Didalam ruang ujian CAT panitia kabupaten tidak boleh memasuki ruangan. Hanya diperuntukan bagi panitia BKN Kantor Regional XII Pekan baru. Dan kita mengucapkan terima kasih kepada pihak keamanan yang telah terlibat memberikan rasa kenyamanan bagi panitia dan peserta ujian” tutupnya.

Menurut salah satu peserta yang lulus ujian SKD pada sesi III Bastian (22) asal Provinsi Bengkulu bahwa dia merasa sedikit lega telah lulus Passing grade dengan perolehan nilai SKD 342. 

“Alhamdulililah saya lulus, Kita sudah melakukan persiapan ujian dari bulan oktober 2019 pasca lulus kuliah pada bulan agus 2019 lalu di Universitas Lampung. Namun meski demikian kita tetap berharap lulus di perengkingan agar dapat mengikuti ujian SKB mendatang,” ujarnya. 

Kemudian Pengawas Pengamanan Panwasdalpam Polres Kepulauan Mentawai M.D Munthe mengatakan hingga saat ini situasi ujian SKD dalam keadaan aman. 

“Sementara keadaan hingga saat ini aman dan terkendali tidak ada apapun berjalan aman dan lancar,” katanya. 

Pengontrolan keamanan dilakukan meliputi pendaftaran, pemeriksaan hingga keruang isolasi steril hinga peserta masuk ke ruang CAT. Dikatakan adapun personil terlibat pada pengamanan ujian CPNS ini sekitar 4 orang. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre