Breaking News

Nagari Kinali Terima Penghargaan Peringkat 1 Berupa Trophy, Berkat Tangan Dingin Walinagari Syafrial

TROPY: Aparatur DPMN Pasbar disaksikan Kabid Pemdes DPMD Provinsi Sumbar Azwar, secara simbolis menyerahkan tropy dan piagam penghargaan Juara Satu (1) Bidang Kopetensi dan Transparansi Dana Desa tingkat prvinsi pada Walinagari Kinali Syafrial.

Kab. Pasaman Barat(Sumbar),FN - Pemerintahan Nagari Kinali, Kecamatan Kinali ditangan dingin Walinagari Syafrial, kembali berhasil ukir prestasi tinta emas untuk Pasaman Barat (Pasbar) di tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kali ini dengan menjadi juara pertama (satu) dibidang Kopetensi dan Transparansi Dana Desa yang di ikuti oleh seluruh nagari/desa terbaik  asal kabupaten / kota se-Sumbar, Rabu (5/2).

Serah terima piagam penghargaan dan tropy tersebut dilakukan pihak Dinas Pemberdaya Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumbar di kantor baru Nagari Kinali. Kabid Pemdes Provinsi Sumbar Azwar menjelaskan, Pemerintahan Nagari Kinali berhak dan mutlak mendapatkan peringkat tersebut setelah melalui tahapan penilaian yang ketat sejak 20 November 2019 lalu.

“Penilaian yang dikalukan pada lomba ini meliputi seluruh aspek Kopetensi dan Transparansi Dana Desa dengan juri dan pengamat yang berkopeten mulai dari DPMD Provinsi, PWI dan Pamong Senior. Dimana hasil penilaian ini mencerminkan aplikasi program nyata/kinerja yang telah diaplikasikan seluruh elemen pemerintahan nagari terkait. Artinya, objek dan hasil penilaianyan yang ada tidak bisa di rekayasa,” ulasnya.
Dalam keterangan resminya, Pemerintah Daerah Pasbar melaui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Etris Dsem mengapresiasi atas capaian yang diraih Pemerintahan Nagari Kinali atas nama Pasbar. Diharapkannya, prestasi yang merujuk pada hasil kinerja nyata tersebut terus dipertahankan dan menjadi cambuk bagi seluruh nagari yang ada di Pasbar umumnya, untuk terus mempertahankan, berbenah dan menjadi terbaik.

“Kinali layak mendapatkan penghargaan dari hasil kinerjanya, disamping terbukti tertib dalam pengelolaan keuangan juga transparan dala setiap tahap penggunaan anggaran, mulai dari perencanaan, partisipasi masyarakat dan ingklud informasi kegiatan. Sesuai mandat UU No. 14 tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),” ulasnya.

Dijelaskan, berdasarkan data Kementeria Keuangan RI. Nagari Kinali merupakan penerima Alokasi Dana Desa (ADD) terbesar di Indonesia pada tahun 2019, yakni Rp. 4. 381. 700. 000,. Tidak hanya itu, Nagari Kinali juga mendapat kucuran Dana Alokasi Nagari (ADD) tertinggi, jika ditotal angka yang harus di kelola Syafrial alias Mak Sutan ini bersama perangkat dan masyarakat, sebesar Rp. 14, 4 Milyar lebih.

Tidak hanya mampu menjadi Juara Satu (1) pada Kopetensi dan Transparansi Dana Desa di Sumbar 2019-2020, kopetensi dan transparansi aplikasi Pemerintahan Nagari Kinali di tahun sebelumnya juga telah teruji. Salah satunya hasil pemeriksaan Inspektorat tahun 2018, Nagari Kinali juga merupakan nagari terbaik atas tindak lanjut pemeriksaan aparat pengawas Intern pemerintahan tahun pengawas 2015 sampai dengan tahun 2017, dengan prediket Tuntas.

Di samping itu, sejumlah deretan tokoh masyarakat dan jajaran Bamus Nagari Kinali juga turut mengapresiasi atas capaian Pemerintahan Nagari Kinali yang di pimpin Syafrial dari tahun ketahun. “Transparansi timbal balik sudah terlanjur membudaya disetiap lini kegiatan pada nagari ini, baik nagari bersama lini terkait dengan masyarakat dan sebaliknya. Tidak bisa dipungkiri, bahwa pengelolaan dana yang begitu besar oleh pemerintahan di tingkat nagari memang cukup rawan, namun jika semua berlandaskan kejujuran dan keterbukaan maka akan berjalan aman, lancar dan nyaman hingga tepat sasaran seperti yang diharapkan masyarakat,” ulas Zainudin.

Sementara itu, saat di wawancarai Walinagari Kinali Syafrial mengaku. Deretan prestasi dan suksesi nagari yang di pimpinnya itu tidak terlepas dari peran dan kontribusi penting seluruh lini terkait terutama masyarakat, yang sejauh ini begitu aktif terhadap laju pemerintahan dan ‘kritis’ terhadap seluruh kegiatan, hingga terjalin komunikasi dan peran pengawasan yang baik.

“Ini semua buah manis partisipasi terutama disegi pengawasan masyarakat kita, dan cerminan tanggung jawap tupoksi lini terkait dalam menjalankan amanah. Untuk itu mari tetap jaga kekompakan dan merapatkan barisan untuk memberikan dedikasi yang jauh lebih baik bagi nagari untuk Pasbar, karena masih banyak sisi terbaik lainnya yang harus sama-sama kita wujudkan. Isyaallah, dengan bersama kita bisa,” himbau Syafrial mengakhiri. (Dif)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre