Breaking News

Miris! Asrama Siswi di Sioban Jauh dari Penjagaan

Foto : Asrama Siswi di dusun Padarai, desa Sioban. Jumat, (21/02/2020).

MENTAWAI FIGURNEWS.COM—Asrama putri milik 7 desa kecamatan Sipora Selatan, kabupaten kepulauan Mentawai tak layak ditempati bagi siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Menurut salah satu Siswi SMAN 1 Sipora Arlina (18) yang telah lima tahun tinggal ditempat tersebut  bahwa kamar mandi dan toilet Asrama saat ini telah rusak serta tidak diterangi lampu selama 1 tahun belakang. Disebutkannya, 7 kamar itu diisi 1 hingga 2 Siswi dari berbagai desa di kecamatan Sipora utara maupun kecamatan Sipora selatan.

Disebutkannya, adapun Siswi menepati Asrama itu berasal dari desa Goisoinan-Pogari, Betumonga, Saureunu, Mara dan Nem-nem leleu.

Sementara itu Mardianis (55) Ibu rumah tangga yang tinggal disebelah Asrama itu mengungkapkan bahwa ia sangat prihatin dengan kondisi Siswi yang menepati Asrama tersebut. 

“Jika diperhatikan anak sering duduk di areal asrama itu. Bahkan saya juga mengingatkan tamu mereka kalau sudah jam 10, silahkan pulang. Namun mereka masih nongrong disini. Dan saya sengaja matikan lampu dan menutup warung biar mereka tidak duduk lagi. Tetapi tetap saja meraka sulit dikatakan” ungkapnya kepada Wartawan di dusun Padarai, desa Sioban, kecamatan Sipora selatan. Jumat, (22/02/2020).

Dikatakannya, kondisi asrama tanpa pengawasan ini, cukup memprihatinkan Apalagi yang tinggal disana adalah anak perempuan. “Dulu asrama ini diawasi oleh salah satu guru di SMP. Namun setelah guru itu ada rumah dia pindah dan diawasi oleh guru lain,” terangnya. 

Bahkan Mardianis mengatakan hal itu dapat dilihat saat malam hari bahwa anak-anak biasanya begadang hingga pagi disana. Sebagai solusinya ia sengaja menutup teras warung itu. 

Terpisah, Kepala Desa Sioban Artius mengatakan pihaknya bakal membenahi Asrama itu pada anggaran tahun 2021 mendatang. Pasalnya, ini mengenai Pendidikan jadi pemerintah kecamatan dan desa setempat bertanggung jawab untuk hal itu. 

Dikatakan mengenai pengawas telah ditunjuk oleh Kepala SMPN 1 Sipora yang berada disebelah asrama. Jadi segala keperluan Siswa salah satunya seperti lampu Pengawas tinggal lapor ke desa.

“Jadi tujuan ditunjuknya pengawas itu adalah untuk menjaga anak-anak supaya tidak terjadi hal yang tidak baik. Adapun terjadi hal yang tidak baik pengawas harus menyampaikan ke desa atau dusun,” tutupnya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre