Breaking News

MANTAN KADES SUMBER REZEKI , RAJI MAJU KEMBALI DI PILKADES SERENTAK 2020

SUMBER REZEKI MUBA, FIGURNEWS.COM --  Dengan sapaan Mang Raji Pria Kelahiran  16 Desember 1969 ini, yang berstatus Pendidikan terakhir SMA kini,kembali mencalonkan diri lagi di Periode 2020-2026 yang sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai Kepala Desa dua periode di Desa  Sumber Rezeki, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin terakhir di periode  2007 - 2013 yang lalu.


Mang Raji  saat  di wawancarai oleh Figurnews.com ,minggu (09/02/2020) Mengatakan "Saya Merasa terpanggil Kembali Ingin Mengabdikan diri demi Desa Sumber Rezeki, yang sangat saya cintai ini, untuk itulah saya mengikuti Pilkades Serentak  9 Maret tahun 2020 mendatang,"kata Raji.

Lanjut Mang Raji, dengan berdasarkan Visi, Misi dan  rencana Kerja Pemerintahan  yang kami buat ini bukan sekedar untuk melengkapi persyaratan sebagai bakal calon Kepala Desa saja,melainkan akan menjadi bahan acuan / dasar dalam menentukan langkah Pemerintahan Desa Sumber Rezeki selama enam tahun kedepan secara adil, merata dan berkeseimbangan.

"Segala keterbatasan dalam  uraian Visi, Misi dan Rencana Kerja ini, kami berharap agar pada akhirnya tujuan kita bersama untuk membangun Desa Sumber Rezeki secara adil dan merata serta menciptakan Desa Sumber Rezeki yang lebih maju dan sejahtera dapat segera tercapai,"ungkapnya.

Untuk itu visi kami : “Terwujudnya Desa Sumber Rezeki yang lebih Maju, Berprestasi, Berbudaya, Kreatif, Aman dan Transparan serta melayani masyarakat dengan sepenuh hati.”

Juga misi kami:
1. Meningkatkan Profesionalisme Pelayanan Publik ;
2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia bagi Aparatur Pemerintahan Desa ;
3. Meningkatkan Pembangunan Fisik dan Non Fisik di berbagai Bidang ;
4. Menumbuh kembangkan dan Melestarikan Seni dan Budaya ;
5. Meningkatkan Ketersediaan dan Kualitas Infrastruktur Pemerintahan Desa ;
6. Penertiban Administrasi Pemerintahan Desa ;
7. Meningkatkan Partisipasi Swadaya Masyarakat dan Sektor Swasta dalam Kegiatan Pembangunan dan Kegiatan Kemasyarakatan Desa ;
8. Menggali Potensi Desa dalam rangka Peningkatan Pendapatan Asli Desa ;
9. Meningkatan kerukunan kerjasama antar Lembaga Desa ;
10. Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kemampuan Daya Saing Sosial Ekonomi ;
11. Meningkatkan kehidupan yang harmonis, toleran, saling menghormati dalam kehidupan berbudaya dan beragama di desa Sumber Rezeki;
12. Mengedepankan kejujuran, keadilan, transparansi dalam kehidupan sehari – hari baik dalam pemerintahan maupun dengan masyarakat desa.
13. Meningkatkan Keamanan Desa sebagai tanggung jawab bersama serta mengfunsikan kembali LINMAS desa secara optimal;

Selain itu program kerja yang akan kami jalankan , BIDANG PEMERINTAHAN:
1. Program Pembangunan di Bidang Pemerintahan diantaranya adalah berupa pembinaan Aparatur Desa dengan melaksanakan kegiatan pelatihan dan bimbingan secara intensif baik dengan mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Daerah dan Kecamatan maupun pihak lainnya, bahkan dengan mengadakan kegiatan pembinaan dan bimbingan secara mandiri sehingga segala Perkembangan Arah Kebijaksanaan Pemerintah Pusat, Daerah Propinsi, Daerah Kabupaten, maupun Desa akan terus teraktualisasikan. Sehingga pada gilirannya nanti Perangkat dan unsur Penyelenggara Pemerintahan Desa lainnya selalu siap untuk melaksanakan pelayanan yang profesional terhadap masyarakat dengan pengetahuan yang mereka miliki.
2. Melaksanakan penertiban - penertiban di bidang administrasi perkantoran, mempersiapkan pembukuan yang lebih kongkrit, juga melaksanakan penertiban administrasi di tingkat RT dan RW se-wilayah Desa Sumber Rezeki yang masih kurang memadai dan kurang komplit, juga akan lebih mengoptimalisasikan peranan dan fungsi Kelembagaan Desa untuk menggali potensi dan memperdayakan lingkungan disekitarnya, manusia atau alamnya yang dapat diusahakan sehingga penyelenggaraan Pemerintahan Desa akan senantiasa terus berkembang dan dibantu dengan adanya penghasilan dari hasil usaha desa dan bantuan dari Pemerintah yang dapat menunjang penghasilan Perangkat dan Kelembagaan Desa lainnya dalam rangka melaksanakan kegiatan desa.
3. Melaksanakan kerjasama yang harmonis dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Propinsi maupun dengan Instansi terkait yang ada di Wilayah Pemerintahan Desa Sumber Rezeki.
4. Menjalin kemitraan dengan para investor, donator dan pihak ketiga untuk menggali dan memperdayakan potensi alam yang ada di Desa Sumber Rezeki, serta dalam kegiatan pembangunan infrastruktur perdesaan selain dari anggaran yang bersumber dari Pemerintah Pusat dan Daerah.
5. Melakukan perjanjian - perjanjian kerjasama dengan Pihak Swasta, BUMN dan BUMD yang saling menguntungkan sehingga diharapkan perekonomian warga masyarakat akan meningkat secara signifikan.
6. Melaksanakan Kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) seperti Kegiatan Upacara,  Perlombaan dan Pentas Olah Raga dan Kesenian serta mengikuti kegiatan-kegiatan PHBN lainnya yang diadakan oleh Pemerintah Propinsi, Kabupaten dan Kecamatan.

BIDANG  PEMBANGUNAN:
1. Pembangunan Fisik
Dalam pelaksanaan Kegiatan Pembangunan khususnya di bidang Fisik Pemerintah Desa dan Kelembagaan akan menampung Aspirasi Masyarakat dimana masih banyak pembangunan - pembangunan ditingkat RT/RW yang belum tersentuh oleh bantuan-bantuan atau Subsidi Desa, Pemerintah Kabupaten atau dari Pemerintah Propinsi Sumatra Selatan, Pemerintah Desa dan Kelembagaan yang ada dengan menginventarisirnya melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat Desa Sumber Rezeki (Musrenbang Desa) pada setiap awal Tahun Anggaran yang akan melahirkan 3 (tiga) Kebijakan Pokok, yaitu :

a. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) di awal masa jabatan KepalaDesa.
b. Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) Pada awal Tahun Anggaran.
c. Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) Tahunan Yang kesemuanya bersumber dari :
- Dari Pendapatan Asli Desa (PADes)
- Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)
- Dari Partisipasi Pihak Swasta, BUMN, BUMD dan Pihak Lainnya
- Dari Swadaya Masyarakat

2. Pembangunan Non Fisik
a. Melaksanakan Pembinaan dan Pelatihan dalam rangka meningkatkan Kinerja dan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Kelembagaan yang ada LPMD, PKK DLL di Desa Sumber Rezeki.
b. Senantiasa Berupaya dalam mengentaskan kemiskinan dengan membantu peningkatan kemampuan ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.
c. Melaksanakan Pembinaan Perlindungan Masyarakat (LINMAS) dalam rangka meningkatkan Kamtibmas
d. Pembinaan Moral dan Keagamaan dengan seringnya melaksanakan Pengajian rutin bagi Aparatur Pemerintahan Desa, Lembaga Desa serta warga masyarakat pada umumnya yang diselenggarakan oleh Majelis Ulama Desa, Perayaan Hari Besar Islam (PHBI), Fatayat Muslimat dan Lembaga keagamaan desa lainya.
e. Pengembangan Kreativitas dan Keterampilan Kerja khususnya bagi Remaja dengan Pembinaan dan Pengembangan Karang Taruna Desa serta dalam upaya mengurangi jumlah pengangguran.

BIDANG KEMASYARAKATAN:
Bidang Kemasyarakatan dibagi dalam Tiga Program secara Subsektornya Kepala Urusan Kemasyarakatan dan dibantu oleh LPMD, PKK dan lembaga-lembaga desa lainnya diantaranya adalah :

Bidang Pendidikan
Dalam mensukseskan Program Wajib Belajar 9 Tahun bagi warga belajar di Desa Sumber Rezeki, Pemerintah Desa Sumber Rezeki mencanangkan akan melaksanakan beberapa kegiatan untuk menunjang Kegiatan Pendidikan Masyarakat :

a. Mendukung Pelaksanaan Pembangunan / Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan, seperti bantuan pembangunan fisik sarana dan prasarana bagi Sekolah-sekolah yang ada diwilayah Desa Sumber Rezeki.
2. Bantuan Sarana Pendidikan Bagi Siswa Kurang Mampu.
3. Mengadakan kegiatan-kegiatan desa yang melibatkan siswa siswi yang ada di Desa Sumber Rezeki diantaranya upacara hari kemerdekaan 17 agustus, turnamen olahraga dan lomba – lomba yang dikhusus kan untuk siswa siswi di Desa Sumber Rezeki dengan tujuan mengembangkan minat dan bakat siswa serta mempererat persaudaraan antar sekolah dan murid.

b. Bidang Kesehatan
Pemerintah Desa Sumber Rezeki dalam pencanangan Program Desa Sehat, akan bekerja sama dengan LPMD bidang Kesehatan dan Lingkungan yang nantinya juga akan didampingi oleh Dinas  Kesehatan Kabupaten  serta Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan untuk melaksanakan beberapa kegiatan dan perbaikan diantaranya :
1. Penyelenggaraan dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Promosi Kesehatan dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
Penyuluhan kesehatan yang dislenggarakan oleh desa,
Penyediaan sarana dan prasarana olah raga,
Edukasi kesehatan terkait pencegahan penyakit dan deteksi dini,
Gerakan olah raga bersama,
Membersihkan saluran irigasi desa untuk mengurangi genangan air serta peningkatan gizi,
Kampanye dan Promosi Hidup Sehat Guna Mencegah Penyakit Menular Seksual HIV/AIDS, Tuberkolosis, Hipertensi, Diabetes Melitus dan Gangguan jiwa,
Menyebarluaskan Informasi tentang penanggulangan bahaya Demam Berdarah dan Nyamuk Malaria,
2. Penyedian sarana dan prasarana serta layanan kesehatan bagi masyarakat desa Sumber Rezeki :
Menunjang kegiatan Posyandu Ibu Hamil dan Balita,
Kegiatan posyandu Lansia
Pengadaan, Pembangunan, Pengembangan,  Pengelolaan dan Pembinaan UKBM (Polkedes/polindes, Posbindu, Posyandu dan pos kesehatan lainnya).

c. Bidang Sosial
1. Menggali / menumbuhkan dan mengembangkan sifat berjiwa sosial kepada seluruh masyarakat karena sosial budaya adalah sarana yang dapat memberikan adanya kerukunan beragama dan bermasyarakat dalam keanekaragaman adat istiadat yang tumbuh berkembang Dalam masyarakat desa Sumber Rezeki, maka dari itu perlu mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial sepert :
Gotong Royong masyarakat baik untuk kegiatan perorangan maupun untuk umum.
Membetuk dan membina Organisasi Sosial Masyarakat
2. Mendukung dan membina kegiatan Pemuda dalam Organisasi Sosial seperti :
Karang Taruna , Remaja Masjid, dan Organisasi lainnya
Menambah, merenofasi dan membangun sarana dan prasarana Olah Raga yang ada, guna memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat sehingga akan terbentuk masyarakat yang sehat jasmani dan rohani.
3. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut dalam memberikan aspirasi saran dan kritik membangun dengan menyediakan kotak saran dan kritik di tempat- tempat tertentu.

d. Bidang Budaya
1. Menggali dan melestarikan kebudayaan daerah serta membina dan mendukung kegiatan kelestaraian yang tumbuh didalam masyarakat Desa Sumber Rezeki.
2. Membina, memberdayakan, melestarikan adat istiadat masyarakat dalam memperkaya budaya daerah dengan bekerjasama dengan lembaga adat sebagai mitra kerja pemerintah desa.
3. Kegiatan ini akan tercapai sebagaimana bila didukung oleh masyarakat dari semua pihak.

Demikian pemaparan Visi, Misi dan program kerja ini kami sampaikan dengan harapan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) selama 6 (enam) tahun kedepan akan lebih terarah dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat secara adil dan berkesinamambungan.

Apabila Allah SWT mengizinkan dan kami dapat terpilih menjadi Kepala Desa Sumber Rezeki nanti, maka dengan berlandaskan penyerapan aspirasi seluruh lapisan warga masyarakat melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes),  makalah ini akan menjadi dasar terhadap penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang nantinya akan lebih terperinci dalam Rencana Kerja Pemerintahan (RKP) tahunan.

"Semoga dengan pengalaman kami diperiode sebelumnya, saran dan masukan yang membangun  dari masyarakat akan menjadi bekal yang sangat berharga untuk menyempurnakan Visi, Misi dan Program Kerja Pemerintah periode 2020- 2026, dan juga  yang terpenting dalam melaksanakan Kegiatan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan yang adil dan lebih baik dalam segala hal,"tutupnya Raji.(Sdr)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre