Breaking News

Makan Bajamba Tradisi Nagari Tabek Dalam Selenggarakan Musrenbang

Kab. Tanah Datar(Sumbar),FN - Balerong Sari adalah icon Nagari Tabek yang merupakan peninggalan sejarah dan sekaligus kebanggaan masyarakat Luhak Nan Tuo setelah Istano Pagaruyung.

Biasanya nagari lain mengadakan musrenbang di aula atau diruang tertutup. Tapi di Nagari Tabek selalu diadakan di Balerong Sari karena tempat ini adalah tempat musyawarah bagi pemangku adat untuk mencapai kata mufakat", kata Wali Nagari Tabek Rispel Murni Noerdin saat membuka musrenbang Nagari tersebut Rabu, 12/02.

Wali Nagari memaparkan beberapa program yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2019, dan program ditahun 2020.

Ketua Tim III Kabupaten Daryanto Sabir mengatakan, dalam penggunaan anggaran pemerintah nagari harus hati-hati karena banyak wali nagari yang terjerat hukum masalah anggaran dana desa.

“Jangan sampai terkait masalah hukum yang akan menjerat, jadi pergunakan anggaran dengan sebaik mungkin, berdayakan SDM Nagari Tabek yang ada untuk mengelola pembangunan, serta mengembangan pariwisata yang telah ada dengan meningkatkan sumber daya lokal yang berkualitas,” tuturnya.

Selanjutnya, Saidani anggota DPRD menyampaikan bahwa kemampuan keuangan daerah sangat kecil, meminta kepada Nagari Tabek untuk mempergunakan belanja Nagari yang pokok dahulu.

“Buatlah semua pembangunan harus disesuaikan dengan arah pembangunan Kabupaten, dengan membuat perencanaan yang matang. kerja sama masyarakat dengan Nagari harus ditingkatkan untuk antisipasi maraknya peredaran Narkoba, kita miris melihat daerah kita yang sudah darurat Narkoba,” jelasnya.

Hadir dalam musrenbang tersebut Anggota DPRD Tanah Datar Afriman, Saidani dan tokoh Sumbar Yohannes Dahlan yang merupakan putra asli Nagari Tabek.(Hendri)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre