Breaking News

Lele Asap Komoditi Andalan Nagari Limo Kaum

Lima Kaum(Sumbar),FN - Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Limo Kaum membudidayakan tambak lele yang sampai hari ini telah menghasilkan 2 ton/bulan dengan asset Rp150 Juta.

Wali Nagari memaparkan hal tersebut saat membuka Musrenbang Nagari Limo Kaum Kamis 06/02 bertempat di aula pertemuan nagari setempat.

Kata Gusrial dari 9 kolam lele yang ada perminggunya dapat menhasilkan 500kg.

"Kami telah melakukan studi tiru ke Sukabumi dan hasil dari studi tersebut kami bersama BUMNag mencoba membudidayakan di Limo Kaum. Dan hasilnya sangat meningkat sekali dalam minggu ke minggu", katanya.

Saat ini pemerintah Nagari Limo Kaum sedang menggalakkan kampanye Makan Lele. "Dan lele yang dikampanyekan tersebut bernama lele asap. Artinya lele yang telah diasapi yang proteinnya jauh lebih tinggi dari lele biasa", kata Gusrial

Gusrial menambahkan dalam  APB Nagari tahun 2019 terdapat silpa sebesar Rp1.939 milyar. Hal ini terjadi karena keterlam-batan masuknya dana BKBK yang tidak bisa direalisasikan ditahun 2019. Selanjutnya pendapatan nagari sebesar Rp3.491 milyar dan realisasinya sebesar Rp3.498 milyar.


Anggota DPRD Adrijinil Simabura melihat dari sudut pandang DPRD, umumnya dinagari penggunaan dana hanya untuk fisik saja.

"Banyak nagari yang fokus kepada infrastruktur semata. Tapi khusus Nagari Limo Kaum Walinagari mempunyai keberanian melaksanakan terobosan-terobosan baru sehingga membuat perekonomian masyaraka semakin meningkat", katanya.

Dari dana yang dikucurkan pemerintah nagari-nagari hampir mendapatkan rata- rata Rp 2 Milyar. Dan masing-masing nagari diberi kebebasan untuk menggunakan dan mengelolanya. Untuk itu kata Adrijinil kelolalah dana tersebut untuk hal- hal yang potensial dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, kata anggota DPRD dari Partai Nasdem ini.

Wakil Bupati Zuldafri Darma mengatakan Nagari Limo Kaum adalah pintu gerbang Tanah Datar. Karena itu perlu penataan dan pembenahan yang signifikan.

"Dari Rp1.3 triliun dana APBD Tanah Datar yang bisa dibagi ke 75 nagari hanya 33%. Dengan keterbatasan anggaran tersebut perkuat komunikasi dengan wakil rakyat kita yang ada di DPRD. Modal dan kekuatan politik juga sangat menentukan tentang peningkatan dan perekonomian masyarakat", kata Wabup menegaskan.(Hen)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre