Breaking News

Gelap, SMAN 1 Sipora Tanpa Penerangan Jalan Umum

Foto: Kondisi Jalan di SMAN 1 Sipora, desa Sioban, kecamatan Sipora selatan. Selasa, (25/02/2020) pukul. 20.01 wib.

MENTAWAI. FIGURNEWS.COM- Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Raya pulau Sipora, kabupaten kepulauan Mentawai masih minim. Salah satunya lampu PJU dijalan SMAN 1 Sipora. 

Menurut Kepala SMAN 1 Sipora, Binner Siallagan bahwa dampak dari tidak dipasangnya lampu PJU tersebut sangat mengkwatirkan. Pasalnya SMAN 1 Sipora memiliki jaringan Wifi dikwatirkan disalah gunakan oleh pengguna di tempat layanan internet tersebut.

“Masalah PJU ini telah kita sampaikan di Musrenbang kecamatan bahwa SMAN 1 Sipora tidak memiliki lampu jalan. Sementara kami di sekolah tetap membayar pajak penerangan jalan 10 persen dari total pembayaran keseluruhan tagihan listrik” ungkapnya kepada Wartawan di desa Sioban, kecamatan Sipora selatan. Selasa, (25/02/2020). 

Dijelaskan Binner dampak dari gelapnya Sekolah sangat beresiko bagi lingkungan sekolah Seperti, banyaknya pengguna layanan internet di Sekolah yang  dapat menggangu keamanan dilingkungan sekolah. 

“Kita kwatir nanti sarana dan prasarana kita dirusak dan menjadi ajang sepi-sepi juga disana. Bahkan dampak lain yang ditimbulkan oleh gelapnya suasana malam di SMAN 1 Sipora,” terangnya. 

Apabila ada penerangan disekolah kami menjadi merasa nyaman. Jadi tidak ada orang yang akan sembunyi-sembunyi disana. Kalau masalah wifi kita tidak pernah melarang, tambahnya.

Jika PJU menggunakan dana sekolah, dikatakan Binner idak memungkinkan. 

Disebutkannya, adapun jumlah ruangan yang terdapat di SMAN 1 Sipora berjumlah 25 lokal. Dan sebanyak 17 lokal digunakan untuk proses belajar mengajar yang ditepati 30 rata-rata Siswa per lokal. 

Terpisah, menurut Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Mentawai, Rendy Apriandi bahwa saat ini pihaknya tengah mengkaji ulang soal fasilitas PJU. 

“Memang ada urusan PJU dibagian umum, tetapi saat ini menjelaskan secara teknis saya belum bisa karena saya perlu mengkaji lagi. Apalagi saya masih baru disini pasca dilantik 6 februari 2020 lalu. Namun ruang lingkup tugas saya adalah rumah tangga dan perlengkapan termasuk PJU,” ujarnya. 

Meski demikian pihaknya saat ini tetap mengupayakan pembenahan terhadap laporan terkait unit lampu yang belum terpasang maupun tidak beroperasi. 

“Namun kita sudah mendapat laporan ada beberapa unit yang sudah tidak berfungsi dan ada juga unit yang tidak ditempatnya. Namun itu persoalan yang akan kita benahi dari data-data pendahulu saya. Dan yang bersangkutan saat ini tengah mempersiapkannya,” terang Rendi. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre