Breaking News

Berada di Pusat Kampus DPRD Minta Wali Nagari Cubadak Buat UU Fasilitas Umum

Kab. Tanah Datar(Sumbar),FN - Musrenbang Nagari Cubadak digelar hari Selasa (11/02) bertempat di aula nagari setempat dihadiri oleh Anggota DPRD Adrijinil dari Nasdem, Abu Bakar dari PKS dan Kamrita dari Gerindra.

Wali Nagari Cubadak Asrizallis memaparkan program yang telah dilaksanakan sepanjang tahun  2019 dan rencana program tahun 2020 dihadapan Tim Musrenbang Kabupaten Tanah Datar, KAN, BPRN, Camat Limo Kaum, Forkopimca Serta tokoh masyarakat setempat. Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) terbesar yaitu dari dana Bantuan Keuangan Bersifat Khusus (BKBK).

"Hal tersebut diakibatkan karena terlambatnya dana tersebut masuk kerekening nagari, sehingga pihak nagari tidak bisa membelanjakan dana tersebut", katanya.

Selanjutnya kata Wali Asrizallis, Nagari Cubadak akan gelar festival Nagari 4 hari 4 malam dengan menampilkan atraksi anak nagari seperti pacu biduak, pacu jawi, kuliner randang Cubadak, yang akan digelar pada bulan Agustus nanti. Disamping itu kata wali nagari akan digelar festival qasidah, lagu minang, permainan dan atraksi anak nagari.

Nagari Cubadak telah mengembangkan program 1 keluarga 1 sarjana, 1 rumah 1 tahfidz. "Ini bentuk dari keseimbangan program yang kita buat bukan hanya fokus kepada fisik tapi mental spritual juga sangat kita perhatikan. Membangun manusia yang berakhlak demi menciptakan Nagari yang Religi", kata Wali Nagari.

Sementara itu Tim pendamping musrenbang Kabupaten Nofendril mengapresiasi kegiatan yang telah dan yang akan dilakukan oleh Nagari Cubadak. Keterlambatan pencairan dana BKBK bukan disengaja tapi pemda mencari kondisi kondisi yang tepat agar tidak ada kesalahan dalam penganggaran dana tersebut. Pembangunan yang telah dilakukan oleh Nagari Cubadak baik fisik maupun pembangunan manusia telah baik, kedepan tentu harus ditingkatkan. "Perioritaskan program-program yang penting. Gunakan dana sesuai dengan aturan dan undang-undang yang ditentukan", kata Nofendril.

Anggota DPRD Tanah Datar Abu Bakar Lc mengharapakan pemerintah nagari membenahi jalan dan drainase. Nagari Cubadak adalah pintu masuk kota Batusangkar. "Untuk itu keindahan dan keasriannya harus ditingkatkan agar orang yang masuk ke Batusangkar menjadi nyaman", katanya. Disamping itu jarak antara fasilitas umum dengan pemukiman masyarakat musti dikelola dengan baik agar terhindar dari pelanggaran.

Kemudian menurut Abu Bakar, Nagari Cubadak juga pusat pendidikan. "Dengan adanya IAIN di Nagari ini perlu adanya aturan dan hukum jelas yang dibuat pemnag, seperti rumah kos-kosan dan fasilitas umum lainnya, agar nanti tata kelola nagari bisa berjalan dengan baik", harap Abu Bakar. (Hendri)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre