Breaking News

Polisi Cilik Talamau Juara 1 Di HUT Pasaman Barat ke 16

PASAMAN BARAT(Sumbar),FN - Lomba Polisi Cilik (Pocil) tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) meriahkan acara Pasbar Exspo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 16 Kabupaten Pasbar, yang digelar dihalaman kantor Bupati Pasbar, Minggu (5/1/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah, Yudesri, S.Io, M.Si, Kapolres Pasbar, AKBP Ferry Herlambang, Kasat Lantas Polres Pasbar AKP Andri Nugroho, para OPD pemda Pasbar dan seluruh pengunjung yang menyaksikan.

Perlombaan Peraturan Baris Berbaris dan Flashmob  digelar, para pengunjung terlebih dahulu disuguhkan dengan penampilan Pocil binaan Satlantas Polres Pasbar yang sontak membuat kagum para pengunjung, seolah terhipnotis dengan iringan tepuk tangan yang tiada hentinya dari penonton selama penampilan berlangsung.

Kapolres Pasbar, AKBP Ferry Herlambang melalui Kasat Lantas Polres Pasbar, AKP Andri Nugroho, Senin (6/1/2020) di Simpang Empat mengatakan, acara tersebut digelar dalam rangka mengenalkan revitalitas kawasan tertib berlalulintas sejak dini terhadap anak-anak setingkat SD se Pasbar.

“Tujuan dilaksanakannya perlombaan adalah untuk menanamkan tertib berlalu lintas sejak dini kepada para pelajar tingkat sekolah dasar serta pembentukan karakter, moral dan etika serta kedisiplinan, sehingga saat dewasa nantinya dapat memberikan contoh yang baik dalam berlalulintas dan nantinya menjadi manusia-manusia yang berkarakter apapun profesinya,"kata AKP Andri Nugroho.

Selain itu, Andri Nugroho juga menyampaikan, bahwa Pocil juga merupakan program Polri yang dimotori oleh Satlantas sebagai edukasi terhadap anak-anak usia dini untuk pembentukan karakter, disiplin dan menumbuhkan kesadaran untuk tertib berlalulintas.

"Dengan terbentuknya Pocil disetiap kecamatan yang ada di Pasbar, semoga kedepannya mampu menekan angka kecelakaan lalulintas khususnya yang melibatkan anak-anak serta pelajar dan yang masih ber usia produktif yang selama ini mendominasi kasus kecelakaan yang ada,"harapnya.

Ditempat terpisah, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Pasbar, AIPDA Harion Eka Putra mengatakan, Sebelum pertandingan digelar, dimasing-masing kecamatan terlebih dahulu telah dilaksanakan persiapan dan latihan  untuk mengikuti acara lomba tersebut.

"Para Pocil tersebut diseleksi dari beberapa sekolah yang ada dikecamatan sehingga terpilihlah satu pleton kecil di masing-masing kecamatan yang terdiri dari anak-anak terbaik yang selanjutnya diberikan pelatihan,"ulasnya.

Ditambahkan, adapun pertandingan tersebut untuk memperebutkan juara 1 diraih Pocil Kecamatan Talamau, juara 2 Pocil kecamatan Kinali, Juara 3 Pasaman juara 4 Pocil pasaman 5 lembah Melintang juara 6. Pocil Kecamatan Luhak Nan Duo
Danton terbaik juara 1 Pasaman Juara 2 Lembah melintang,Juara 3 Koto Balingka.

  Peserta juara dihadiahi piala dan uang pembinaan. Adapun yang mengikuti sebanyak 12 regu yang terdiri dari 11 kecamatan dan satu regu Pocil Bundaran Jaya Simpang Empat.

"Kegiatan ini diikuti 12 pleton dari 11 kecamatan. Sementara yang bertindak sebagai juri diantaranya, IPDA Undra dari Direktorat Lalulintas Polda Sumbar dengan penilayan tentang  PBB dasar, senam lalulintas fariasi, yel-yel himbauan keselamatan berlalulintas, dan Flashmob "terang Harion.

Mukhtar Babinkamtibmas Kajai  pelatih Pocil Kecamatan Talamau saat ditemui Figurnews.com setelah pengumuman juara 1 mengatakan "Saya terharu menyaksikan Polisi Cilik Talamau, Saat tampil suara komandan regu tidak keluar hampir tidak terdengar, dengan bersusah  payah ia berteriak mengkomandoi regunya, saya sempat meneteskan air mata, berharap bisa menang melihat atraksi PBB mereka ,". Ujarnya.

"Alhamdulillah juri memutuskan polisi Cilik Kecamatan Talamau juara 1, semoga Pocil Talamau lulus Akpol di kemudian hari,". harap Muktar.

*Dodi Ifanda

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre