Breaking News

Penampakan Pulau Pagai dari Pulau Sipora

Foto : Suasana Senja di dusun Matena, desa Beriulou, kecamatan Sipora selatan. Rabu, (15/01/2020). 

MENTAWAI. FIGURNEWS.COM—Kabupaten kepulauan Mentawai terdiri dari 4 Pulau besar itu memiliki luas keseluruhan 6.011,35 km. Tentu memiliki jarak yang tidak dapat dijangkau secara kasat mata. 

Keempat Pulau itu antara lain, Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai utara dan Pulau Pagai selatan. 

Namun berbeda di dusun Matena (Masokut), desa Beriulou, kecamatan Sipora selatan ini, anda dapat melihat pulau Pagai utara dari kejauhan ketika cuaca cerah. Hal itu diungkap Warga setempat, Juniosen (27) bahwa dia bila hari cerah dapat melihat pulau pagai dari rumahnya. 

“Bila hari cerah toer dikampung Mapinang, kecamatan Pagai utara terlihat dari sini. Biasanya pergi ke kampung Mapinang kita hanya butuh waktu 2 jam perjalanan menggunakan mesin 15PK,” ungkapnya kepada Wartawan di dusun setemmpat. Rabu, (15/01/2020). 

Ia menambahkan, semenanjung yang terlihat itu hanya sebagian dari arah utara pulau Pagai. Untuk menuju ke Kecamatan Sikakap dari kampung Mapinang melalui selat Sipora membutuhkan waktu hingga 5 jam dengan mesin boat 15 PK. 

Dulunya, Masyarakat ke sana menggunakan perahu layar dengan waktu tempuh satu hari. Dan diantara mereka terkadang singgah di Pulau Ruamata di depan kepulauan Sipora ini, terang Juniosen.

Menurut pantauan figurnews.com, penampakan pulau ini memberikan kesan bahwa luas dan kayanya Potensi Sumber Daya Alam di kabupaten kepulauan Mentawai. Tergantung pada Sumber Daya Manusianya untuk mengelola Potensi tersebut. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre