Breaking News

Jelang Pergantian Tahun Kapolda Sumbar Sampaikan Pers Release Akhir Tahun 2019 di Halaman Mapolda Sumbar

Kapolda Sumbar Sampai Pers Release Akhir Tahun 2019 di Halaman Mapolda Sumbar

Padang(Sumbar),FN - Kepala Polisi Daerah (Poda) Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, SH mengadakan Pers Release Akhir Tahun 2019, Senin malam di Mapolda Sumbar.

Memang suasana agak berbeda dengan tahun - tahun lalu, yang mana kali ini pelaksanaan dilakukan di pelantaran halaman Mapolda Sumbar. Dan semasa Kapolda Sumbar yang lama, kegiatan Pers Release selama ini sering dilaksanakan dalam ruangan. 

Dalam acara Pers Release tersebut, Kapolda menjelaskan beberapa kasus kejahatan yang terjadi diwilayah hukum Polda Sumbar. Yang menonjol masalah kasus pencurian dan pemberatan, juga beberapa kasus lainnya.

"Malam ini, kami dari jajaran Polda Sumbar menyampaikan Release situasi kamtibmas jajaran Polda Sumbar pada tahun 2019. Yang Insya Allah, ini kita sampaikan secara umum. Pada prinsipnya untuk seluruh kejadian kriminalitas secara umum mengalami penurunan, termasuk kasus-kasus bersifat khusus. Dan kemudian untuk beberapa kasus yang mendominasi kasus trend images, dalam kurun waktu tertentu, dalam waktu tempat tertentu terjadi. Diantaranya adalah kasus yang meliputi kasus pencurian pemberatan dan kemudian curanmor dan penipuan ini masuk, tiga kasus yang masuk trend image,"terang Tono Harmanto pada awak media.

Lanjutnya lagi,"kemudian tentang pemetaan kerawanan ada di seluruh wilayah Sumatera Barat, dominasi kejadian kriminalitas dari tahun 2018 - 2019 ini secara umum mengalami penurunan, ini terjadi di Polresta Padang, kemudian di peringkat kedua itu ada di Polres Pesisir Selatan dan ketiga di Bukittingi. Rata-rata tiga kasus yang mendominasi disana juga sudah turun di tahun 2019. Secara khusus, kasus-kasus yang meliputi kejahatan khusus dan saya sampaikan disini ada Ilegal Loging, Cyber krem, Ilegal mining. Khusus Ilegal Loging memang ada peningkatan tahun 2018 dibandingkan tahun 2019, dalam arti pengungkapan, artinya kepolisian tentang ilegal loging meningkat. Untuk kasus cyber krem baru dimulai tahun 2019 masih ditangani dimasing-masing kepolisian dan sudah jalan. Ilegal Mining tahun 2018 dibanding dengan tahun 2019, sebanyak 40 % . Kasus 2018 dengan 2019 ada sekitar 21 kasus."

"Khusus Nakorba, nakorba ini memang terkait dengan, semangkin banyak kita putusin semangkin banyak pula di ungkap. 2018 dibanding 2019 memang dari jumlah penegakan hukum yang dilakukan turun 1,6% yang di ungkap dan ini kecil. Namun dari tersangka yang ditangkap juga turun 2 % , dari 1273 menjadi 1222. Kemudian dominasi barang bukti ini, ganja 336 kg, sedang jenis sabu-sabu 17,46  tahun 2019 dan di tahun 2018 sebanyak 12,20 kg. Kemudian kasus-kasus yang bersifat urgensi sosial, penurunan hampir 100%.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda menyampaikan tentang kejadian bencana alam slama tahu 2019, yang terjadi seperti banjir dan tanah longsor lainnya. Dan memang ada peningkatan bencana alam ada 63 bencana tahun 2019. Sedang kecelakaan lalu lintas tahun 2019 turun 9.97 %, tapi yang meninggal naik 10% , kecelakaan menurun sedangkan meninggal naik.              

Suasana tersebut, beberapa awak media juga menanyakan mengenai tentang teroris yang selama ini banyak terjadi di daeeah lain. Dan juga ada penangkapan 3 pelaku kemaren. 

"Memang sekitar 2 minggu lalu ada 3 orang di tangkap dari kelompok jaringan teror, tentunya ini menjadi kewaspadaan bagi seluruh aparat, khususnya di Sumatera Barat. Kami juga minta pada seluruh warga masyarakat untuk membantu kita, karena tentunya dari hasil pemeriksaan yang dilakukan sasaran ini adalah masih pada aparat kepolisian," jelas Toni Harmanto lagi.

Namun ketika salah seorang awak media juga mempertanyakan tentang anggota terlibat kriminal.

"Kalau hal itu, mereka semuanya ada 11 anggota kita PDTH dan kasusnya hampir rat-rata mereka terlibat dengan nakorba. Dan saya tegaskan, siapa pun anggota bermain-main masalah nakorba tidak ada ampunnya. Sedangkan yang berprestasi, kita akan promosikan mereka"ujar Kapolda Toni Harmanto

Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa penjabat utama Polda Sumbar dan juga  sekaligus pelepasan personil melaksanakan pengawasan serta pengamanan malam Tahun Baru bertepatan jam 00.00 wib.

Seteleha pelepasan personil melaksana tugas kelapangan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, SH pun mengajak para awak media untuk menikmati makan malam bersama ditempat yang telah di sediakan.

"Ayo semuanya keatas, mari kita makan malam bersama,"ajak Irjen Pol Drs. Toni Harmsnto, SH, Kapolda Sumbar.

Sambil menikmati makan malam para awak media dan penjabat utama Polda Sumbar pun di hibur dengan musik dan artisnya serta beberapa penjabat utama juga menyumbangkan suara emasnya.

Di sinilah terlihat ke akraban antara awak media dengan personil Polda Sumbar.

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre