Breaking News

Gempa, Bagaimana Jika Anda Tengah Berwisata di Pulau Nyang Nyang?

Foto : Google. Pulau Nyang Nyang, kecamatan Siberut barat daya. 

MENTAWAI. FIGURNEWS.COM— Pulau Nyang Nyang berada di wilayah Pulau terluar di kecamatan Siberut barat daya, Kabupaten kepulauan Mentawai. Menjadi salah satu Destinasi Wisata perselancar dunia. 

Menurut Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet saat kunjunggannya beberapa waktu lalu dipulau Nyang-yang mengatakan, Wisatawan dan Masyarakat tidak perlu kwatir saat berada disitu karena terdapat bukit yang telah dilengkapi jalur evakuasi mandiri. 

“Kami bersama bapak Danlanal telah berkunjung dipulau terluar. Misalkan di pulau Nyang Nyang sudah ada jalur evakuasi yang mengarah ke bukit,” ungkapnya kepada Wartawan usai Apel gelar kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Mapolres Mentawai. Rabu, (08/01/2020).

Menurutnya, pulau Nyang Nyang memiliki luas 74 Km. Dibutuhkan waktu 3 menit dari bibir pantai menuju bukit diwilayah tersebut. Sehingga memberikan rasa aman terhadap Masyarakat dan Wisatawan disana.

Selain itu, Pulau Sanding dikatakannya bahwa Wakil Gubernur Sumatra barat, Nasrul Habbit dan Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake juga telah melakukan hal yang sama. Meskipun dipulau Sanding tidak ada dihuni Masyarakat. 

Tujuan apel kesiapsiagaan itu dijelaskannya, Sinergitas seluruh stakeholder adalah mereka yang memiliki kepentingan seperti Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Dinas terkait tindakan dimasing-masing tanggung jawab. 

“Kita melihat sinergitas itu seperti apa kekuatanya, misalkan kantor sar mentawai telah memiliki peralatan seperti ini, polres sudah memiliki sumber daya manusia seperti ini, dan begitu juga dengan pemda. Dan ini yang ingin kita padukan dan sinergikan. Nah begitu kita senergikan kita sudah tahu kemampuannya,” terang Yudas. 

Selanjutnya, melalui pembahasan dengan Kapolres Mentawai, Kodim 0319 Mentawai, Dan Lanal Mentawai, Kakansar Mentawai, ia menerangkan, untuk memberikan kewenangan disetiap kecamatan dalam memberi informasi cepat bila terjadi bencana. 

Hal itu dilakukan dengan cara berkoordinassi disetiap kecamatan melalui Polsek dan Koramil. Apalagi Kakansar Mentawai telah menyampaikan agar adanya perwakilan disetiap kecamatan yang sulit terjangkau. 

“Apabila terjadi bencana tidak dipulau ini namun dipulau lain mereka sudah tau langkah pertama yang harus dilakukan. Dan ini merupakan tujuan kita untuk menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana,” tutupnya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre