Breaking News

Galodo Terjang Malalo, Anggota Kodim 307/TD Bajibaku Dengan Masyarakat Bersih Material Lumpur

Kondisi Rumah warga diterjang lumpur di Malalo
Malalo (Sumbar),FN - Karena akhir - akhir ini cuaca cukup ekstrim, mana beberapa wilayah di Provinsi Sumatera Barat mengalami curah hujan cukup tinggi. Bahkan hampir semua wilayah mengalami bencana banjir dan longsor. Dalam hal ini, BMKG Sumbar telah memberi peringatan dini pada masyarakat untuk lebih siaga, karena bencana itu tidak bisa diprediksi.

Material lumpur bercampur dengan batu dan
Seperti yang di alami Jum'at pagi 17 Januari 2020 sekitar jam 6.30 Wib, yang mana Jorong Tanjung Sawah Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan  Batipuh Selatan Kabuapten Tanah Datar di terjang Galodo. Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa, namun dua buah rumah mengalami hancur dan satu buah mobil hanyut dibawa arus air beserta lumpur hilang ditelan danau singkarak.

Disamping itu akses jalan Padang Panjang menuju Solok tidak bisa dilalui kendaraan, karena jalan tersebut tertimbun lumpur sekitar 100 meter. Rumah yang tertimpa  material lumpur tersebut, puing-puingnya berserakan di badan jalan.


Kondisi kejadian tersebut, Anggota Kodim/ TD, BPBD dan Instansi terkait bersama-sama masyarakat membantu mengevakuasi korban bencana Banjir Bandang yang melanda Jorong Tanjuang Sawah Ke Nagarian Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kab. Tanah Datar.

Berdasarkan informasi dari Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap.,S.Pd.,M.I.Pol yang dikirim dan di laporkan bahwa Anggota Kodim 0307/TD telah berada dilapangan bersama Anggota BPBD Tanah Datar.

Sekaitan kejadian longsor yang terjadi di Jorong Tanjung Sawah Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan  Batipuh Selatan Kabuapten Tanah Datar, Anggota Kodim 0307/TD beserta petugas BPBD telah berada di lokasi kejadian melakukan pembersihan lokasi. Namun karena materialnya cukup banyak, maka untuk melakukan penanganan pembersihan material lumpur, dibutuhkan alat berat (loader). 

"Lumpur menimbun badan jalan Solok Padang Panjang sekitar 100 meter. Kita lihat kondisi rumah warga ada yang tertimpa, dan puing-puingnya berserakan di badan jalan. Dan kita harus menyingkirkan. Kondisinya rumah masyarakat yang hancur dan parah,” Tukuk Dandim 0307/TD Letkol Inf Edi S Harahap. ,S.Pd.,M.I .Pol. (*/ Fella-Yn)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre