Breaking News

Danrem 032/ Wbr Mendampingi Wagub Sumatra Barat Menebarkan Ikan Puyu dan Penebaran BIOS 44 di Danau Cimpago


Padang(Sumbar)FN -- Sebanyak 10 ribu bibit ikan disebar di Danau Cimpago, Kota Padang, Sabtu (11/1/2020). Puluhan ribu benih ikan jenis puyu tersebut diharapkan dapat menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan perairan umum baik darat maupun laut di kawasan setempat.

Penyebaran benih ikan dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Sumbar mengatakan, ikan tersebut merupakan hasil budidaya dari Pariaman. Bibit ikan puyu bisa bertahan an berkembang hidup di air payau. Selain itu, juga disebar bibit ikan nila sebanyak 5 ribu ekor.

"Kita memang perlu melakukan menebar populasi ikan ini, karena cocok hidup di air payau. Kita berharap nanti bibit ikan ini bisa berkembang, sekaligus daya tarik bagi para pemancing dan juga bisa mensejahterakan masyarakat setempat," ucap Nasrul Abit.

Alasan dipilih ikan puyu lantaran dapat tumbuh dan berkembang di air payau sebagai air campuran antara air tawar dengan air laut. Nasrul Abit berharap, dalam jangka waktu satu tahun ikan puyu sudah berkembang biak, jika ikan sudah tumbuh besar, akan ada wisata mancing di kawasan tersebut.

Nasrul Abit mengungkapkan, saat ini ikan puyu termasuk salah satu ikan mahal karena mulai langka ditemukan di kawasan perairan air tawar. Sebab, masyarakat sering melakukan penangkapan menggunakan jaring. Bahkan sampai ada yang menggunakan sentrum, membuat populasi ikan puyu semakin berkurang di alamnya.

Disamping itu, Nasrul Abit berharap dengan kondisi ikan puyu yang memilih daya tahan hidup kuat, suatu saat Danau Cimpago bisa menjadi tempat lomba memancing ikan puyu, sebagia bagian dari pariwisata juga.

"Pihak BWS Sumatera V bilang bakal melakukan pembenahan untuk Danau Cimpago ini. Artinya kedepan Danau Cimpago bakal jadi daya tarik baru untuk wisatawan yang datang ke Padang," kata Nasrul Abit.

Dalam kesempattan ini Danrem 032/Wbr juga menjelaskan "Kegiatan penebaran BIOS 44 ini merupakan upaya TNI khususnya Korem 032/Wbr dalam membantu tugas Pemda dalam mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat, hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD dan sebagai implementasi dari jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional yang selalu manunggal dengan rakyat" ungkapnya(Fella)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre