Breaking News

Wajib K13, SDN 27 Beriulou Gelar Perkemahan

Foto : Pembina Pramuka dan Murid SDN 27 Beriulou. Sabtu, (30/11/2019). 

MENTAWAI. FIGURNEWS.COM- Sekolah Dasar Negeri 27 Beriulou melaksanakan Giat Siaga Gugus Depan dengan Motto Dwi Saiyaku Dwi Dharmakan, Dwi Dharmaku Ku Bhaktikan. Kegiatan Eksrakurikuler keperamukaan itu dilaksankan selama 3 hari terhitung sejak 28 sampai 30 November 2019.

Sesui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keperamukaan sebagai Eksrakurikuler Wajib.

Menurut Kepala SDN 27 Beriulou, Eliakim bahwa kegiatan Pramuka itu dilaksankan atas dasar Kurikulum 2013 (K13) sebagai kegiatan Eksrakurikuler Wajib bagi Sekolah Dasar dan Pendidikan Menengah.

Ia menambahkan Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan Eksrakurikuler secara sistematik sebagai wahana penguatan Psikologis, Sosial, Kultural dengan pengembangan sikap dan kecakapan dalam pendidikan kepramukaan.

“Kegiatan Pramuka ini dilaksanakan dengan tujuan supaya anak itu berani untuk tampil dan agar tidak mudah putus asa. Sehingga dalam pergaulan sehari ia dapat mengendalikan emosionalnya terhadap suatu masalah yang dihadapinya,” Ungkapnya Kepala Sekolah yang menjabat pada 1 Februari 2019 itu kepada Wartawan di halaman perkemahan Sekolah, Masokut, Desa Beriulou, kecamatan  Sipora Selatan. Sabtu, (30/11/2019).

Adapun acara selama 3 hari itu adalah pada hari pertama Upacara Pembukaan, pembuatan kemah dan persiapan semua perlengkapan, hari kedua Pencerminan diri, lomba masak, PBB, dan Api Unggun dan  hari ketiga Evaluasi kegiatan dan Penutupan. Dan terdapat 5 Perkemahan di lokasi tersebut.

“Makna dari bakar Api unggun adalah agar Murid membuang rasa kesal kepada kakak pembina dan adik-adik selama pembinaan yang telah berjalan.  Sehingga semua itu hilang disaat pembakaran api unggun,” terang Eliakim.

Adapun kendala dalam  malaksanakan K13 itu dikatakannya dibidang anggaran. Pasalnya, Sekolah Tahun ini tidak menerima dana BOS dalam pemberian Honorer Guru Pramuka. Namun semua itu hadapi dengan Kebijakan Sekolah dan Wali Murid.

Meski demikan ia berharap SDN 27 Beriulou dapat menjadi perintis bagi Sekolah Dasar lain dibidang Kepramukaan. Selanjutnya ia akan membicarakan dengan Pelatih Pramuka terkait Perkemahan Gabungan kedepan.

Ada sebanyak 38 Murid dan 9 Guru yang terbagi dari 2 PNS, 4 Kontrak dan 3 Honorer. Terdapat 2 Kelas yang dibagi menjadi 6 ruang di SD tersebut.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre