Breaking News

KASDAM II/SRIWIJAYA BERI CERAMAH WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA PESERTA LKS ANGKATAN XXVI TA. 2019

SUMATERA SELATAN , FIGURNEWS.COM -- Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) II/Sriwijaya, Brigjen TNI Syafrial. Psc., M. Tr (Han)., memberikan ceramah atau pembekalan tentang “Kesadaran Bela Negara Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara” kepada 150 peserta Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS) Angkatan XXVI TA. 2019 beserta 30 pendamping/pembina, bertempat di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Km. 2,5 Palembang, Jum’at (27/12/2019).

Dalam ceramahnya, Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., menyampaikan  tentang peran serta warga negara dalam bela Negara, yang tercantum dalam Landasan Juridis UUD 1945, yakni, Pasal 27 (3) Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara, dan Pasal 30 (1) Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. (2) Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Selain itu, Kasdam juga menjelaskan beberapa nilai-nilai dasar dalam bela negara, yaitu pertama, cinta tanah air, antara lain, mencintai lingkungan hidup, menjaga nama baik bangsa dan negara serta bangga sebagai Bangsa Indonesia. Kemudian kedua, sadar berbangsa dan bernegara, antara lain toleransi, gotong royong, mencintai budaya bangsa dan produksi dalam negeri serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai peraturan per-Undang Undangan yang berlaku.

Selanjutnya ketiga, yakin Pancasila sebagai ideologi negara, yaitu, memahami nilai-nilai dalam Pancasila, melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan menjadikan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa dan negara serta yakin pada kebenaran Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara RI.

Dihadapan ratusan peserta LKS Angkatan XXVI TA. 2019 yang berasal dari berbagai Kabupaten dan Kota se-Sumsel tersebut, Kasdam II/Sriwijaya juga menyampaikan agar sebagai generasi muda penerus bangsa, harus mampu mengembangkan diri secara dinamis seiring dengan tuntutan perubahan dan perkembangan zaman, dimana perkembangan teknologi saat ini berkembang begitu pesat yang membawa arus informasi menjadi lebih transparan. Untuk itu perlu bijak dalam menyikapinya yang dilandasi dengan akhlak, etika dan  moral yang baik.

“Harapan ini saya sampaikan, mengingat saat ini sebagian masyarakat termasuk generasi muda sudah mulai luntur wawasan kebangsaannya, bahkan kehilangan jati diri sebagai anak bangsa yang besar dan bermartabat”, kata Brigjen Syafrial.

“Saya berharap agar adik-adik mampu membina diri, hindari perbuatan yang melanggar hukum seperti penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas yang dapat menghancurkan masa depan bangsa”, tegas Kasdam. Selain itu, Kasdam juga mengharapkan sebagai generasi penerus bangsa tidak boleh patah semangat dan tidak ada kata terlambat untuk berbuat baik karena siswa siswi adalah masa depan bangsa.

Turut hadir mendampingi Kasdam II/Sriwijaya antara lain, Asops Kasdam II/Sriwijaya, Waasintel Kasdam II/Sriwijaya, Waaster Kasdam II/Sriwijaya, Wakapendam II/Sriwijaya dan Pabandya Watpers Spers Kodam II/Sriwijaya.(Sudarmanto/Pendam II/SWj)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre