Breaking News

Bawaslu Mentawai Launching Buku Pengawasan Pemilu 2019

Foto : Ketua Bawaslu Mentawai saat Launching Buku Pemilu 2019. Senin, (30/12/2019). 

MENTAWAI. FIGURNEWS.COM- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten kepulauan Mentawai luncurkan (Launching) Buku laporan komperhensif hasil pengawasan Pemilu tahun 2019. 

Pada sambutannya Ketua Bawalu Mentawai, Perius Sabaggalet mengatakan, buku berjudul mengawal demokrasi dibumi sikerei itu merupakan hasil pengawasan tahapan Pemilu tahun 2019. Pengawasan meliputi Pemilu DPR, DPD, DPRD provinsi, kabupaten dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. 

“Melalui buku ini kita curahkan isinya, seperti bentuk pencegahan, penindakan, penyelesaian kegiatan, bentuk anggaran, dan termasuk pengawasan Bawaslu disetiap TPS di seluruh kabupaten kepulauan Mentawai,” ungkapnya di Bundo House, Desa Sipora Jaya, kecamatan Sipora utara. Senin, (30/12/2019). 

Ia menambahkan pemilhan judul buku tersebut identik dengan wilayah kepulauan Mentawai. Dimana luas wilayah tak sebanding dengan jumlah Komisioner Bawaslu. Meski demikian keberadaan Masyarakat sangat membantu Bawaslu dalam memberikan pengawasan. 

Lebih lanjut dikatakannya, proses tahapan pemilu terdiri dari tahapan perencanaan, kampanye dan sampai dengan rekepitulasi suara. 

“Kalau hanya jajaran Bawaslu melakukan pengawasan, tentu kami tidak sepenuhnya mampu. Artinya pengawasan tidak maksimal. Tetapi dengan adanya sinergitas dengan stacholder semuanya berjalan sesui harapan,” imbuhnya. 

Perius menyebutkan dengan adanya buku ini menjadi kekuatan bagi Bawaslu Mentawai dalam menyikapi berbagai tahapan kegiatan Pemilu seperti, pelaksaan sosialisasi, koordinasi, bimtek, sengketa dan anggaran didalam buku ini. 

Buku itu ditulis Ketua dan Komisioner Bawaslu Mentawai yakni, Perius Sabaggalet, Sunarno dan Firdaus Risman Satoinong. terdiri dari 252 halaman. Dan terdiri dari 7 topik pembahasan yaitu, Wewenang dan kewajiban Bawalu Mentawai, SDM dan Organisasi, Pengawasan dan Pencegahan dugaan pelanggaran Pemilu.  Selanjutnya, penindakan pelanggaran Pemilu dan penyelsaian sengketa dan advokasi. 

Pada kesempatan itu, acara Lounching buku itu dihadihadiri Devisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Sumatra barat, Elly Yanti, Jajaran Komisioner Bawaslu, Unsur Forkopimda Mentawai.

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre