Breaking News

Rapat Evaluasi, Pencalonan Anggota DPRD Mentawai pada Pemilu 2019

Foto: Rapat Evaluasi Pemilu 2019. Selasa, (12/11/2019).

Mentawai. Figurnews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kepulauan Mentawai melaksanakan Rapat Evaluasi Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Mentawai pada Pemilu 17 April 2019 lalu.

Rapat evaluasi tersebut digrlar selama 2 hari pada 11 sampai 12 November 2019 yang diikuti Partai Politik dan Stackholder terkait di Kantor KPU, Desa Sipora Jaya Km-7, kecamatan Sipora utara.

Adapun pembahasan pada evaluasi itu ialah Tahapan pencalonan yang dimulai pada tahap pengumuman, pendaftaran, verifikasi Daftar Calon Sementara (DCS) hingga Daftar Calon Tetap (DCT).

"Evaluasi sesui dengan tingkatan sama dengan evaluasi penyelenggara," ungkap Ketua KPU, Eki Butman kepada Wartawan usai Rapat Evaluasi. Selasa, (12/11/2019).

Pendaftaran pencalonan telah dilaksanakan sesui dengan Juknis PKPU. Dimana terbukti dengan adanya Calon yang telah di hapus dan gagal menjadi Calon Legislatif.

"Ada juga yang diganti karena DCS yang keluar tidak sesui dengan PKPU yang ada. Sehingga di perbaikan diganti oleh Parpol yang bersangkutan," tambahnya.

Sementara itu, Komisi Teknik KPU, Iswanto mengatakan hal yang paling menonjol pada Evaluasi Pemilu 2019 adalah Penyederhanaan Kewenangan Daerah dalam pengurusan kelengkapan persyaratan.

Kelengkapan persyaratan seperti pengurusan SKCK di Polsek dan pengurusan Surat Kesehatan di rumah Sakit. Sejauh mana kewenangan Rumah Sakit daerah memberikan Surat Administrasi Kesehatan.

"Tetapi walau gimanapun PKPU ini juga berhadapan dengan Dewan. Artinya Bagaimana DPRD Kabupaten mampu melakukan langah Politik sampai ke Pemerintah pusat," terang Iswanto.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre