Breaking News

Rakorda dan Pelatihan Potensi SAR 2019, Mentawai Jalur Perairan 3 Propinsi


Foto : Pembukaan Rakorda dan Pelatihan Potensi SAR 2019 Oleh Direktur Bina Marga Potensi Basarnas Pusat. Kamis, (14/11/2019). 

MENTAWAI. Figurnews.com- Meski Kabupaten kepuluan Mentawai merupakan Wilayah Propinsi Sumatra barat. Namun secara letak Geografis berada di sepanjang Jalur perairan 3 Propinsi yakni Propinsi Sumatra Utara, Propinsi Sumatra barat dan Propinsi Bengkulu.

Maka melalui itu Peranan Kantor Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) kelas B Mentawai sangat penting dalam memberikan Pertolongan dan Pencarian bila ada kecelakaan di darat maupun di laut.

“Indeks Kapasitas kita dalam menanggung Resiko bencana telah meningkat. Hal itu dapat kita lihat dari adanya dulu Kapal pesiar yang telah dibantu oleh Tim SAR. Dan kita sangat Apresiasi dan terima kasih kepada SAR Mentawai,” ungkap Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet melalui Staf ahli, Nurdin pada Sambutan pelatihan potensi SAR 2019 di Graha Viona, Desa Sipora Jaya, kecamatan Sipora utara. Kamis, (14/11/2019).

Ia menambahkan, Mentawai sebagai salah satu Destinasi Wisata yang telah lulus Kualifikasi ombak terbaik nomor 2 didunia. Tentu dengan kehadiran SAR menjadi sebuah kepercayaan bagi para Wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung dan menikmati Wisata Bahari di kepulauan Mentawai.

“Pemerintah Mentawai sangat mendukung dan bersinergi denga Stackholder untuk memberikan kepercayaan kepada dunia luar untuk memberikan Pertolongan dan Pencarian apabila ada kecelakaan,” tambahnya.

Dengan adanya pelatihan Potensi SAR tahun 2019 kepada Masyarakat. Pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai merasa senang dan berarti sekali. Untuk itu kedepan masih banyak lagi untuk mendukung Mentawai sebagai Destinasi Wisata.

“Sebagai Mana semboyan moto Mentawai yaitu Musara Kasimaeru artinya bagai mana kita bersama mencapai dan bersatu untuk memajukan Mentawai. Apalagi Masyarakat Mentawai beraneka ragam dimana semua Suku hampir ada disini,” terang Nurdin.

Sementara itu Direktur Bina Marga Potensi Basarnas Pusat Marsekal Pertama TNI. F Indra Jaya mengatakan, dengan luas dan letak Geografi kepulauan Mentawai seharusnya Alusista memadai salah satunya Kapal. Dan sementara ini dikatakan masih cukup dan apabila masih ada yang perlu dibutuhkan, pihaknya akan merespon apa yang dibutuhkan tersebut.

Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) SAR dengan menanda tangani bersama kesepakatan bahwa peserta yang telah memiliki Lisensi dapat membantu Korban yang butuh pertolongan ditengah laut. Maka melalui itu Stacholder Pemerintah daerah, TNI dan Polri serta lembaga Swasta lain untuk bersinergi memberikan pertolongan dan pencarian.

“Dalam pelatihan SAR ini peserta diberikan Materi untuk memberikan keterampilan atau pengetahuannya untuk membantu Korban kedaratan dengan selamat,” katanya.

Ditempat yang sama Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal mengatakan Rakorda ini mengundang Instansi dan Organisasi terkait yang berjumlah 4 orang. Sedangkan untuk peserta Pelatihan Potensi Sar 40 orang.

“Dalam Rakorda ini kita menitik beratkan untuk membuat rencana Konfidensi kecelakaan kapal. Dimana rencana yang akan-akan terjadi. Meski demikian harapan kita jangan pernah terjadi,” sebut Akmal.

Menurut data tahun 2018, 20 kejadian itu terbagi dari 15 kecelakaan kapal yang terdiri dari 8 kejadin mati mesin dan selebihnya ada yang terbakar, tenggelam dan los contac. Maka pihaknya memilih kecelakaan kapal mati mesin.

“Maka dari ini kita bersama satu tujuan memilih kecelakaan kapal mati mesin. Dan melalui itu kita disini memberikan pelatihan Water Rescue atau penyelamatan di permukaan air dan selanjutnya peserta diberikan sertifikat sebagi lisensi pertolongan dan pencarian ” tambah Akmal.

Bagi peserta yang lulus akan diberdayakan untuk memberikan pertolongan dan pencarian apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan diwilayah kerja SAR Mentawai.

Dikatakan, Rakor dilaksanakan di Aula Graha Viona, Pelatihan Teori dan Teori di Kawasan desa Wisata Mapaddegat dan pelatihan Alut dan Perahu Karet di Dermaga Tuapejat selama 6 hari pada 14 sampai 20 november 2019.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre