Breaking News

Program Serasi Di Desa Panca Mukti Sukses 100 persen Tanam Padi

DESA PANCA MUKTI BANYUASIN, FIGURNEWS.COM  – Proyek dana bantuan sosial program  Selamatkan Rawa Sejahterahkan Petani (SERASI) dari Kementerian Pertanian melalui pemerintah provinsi dan kabupaten, bertempat Desa Panca Mukti, Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, 100(seratus) persen penanamannya dan di kerjakan  maksimal dengan baik.

Dari pantauan figurnews.com di lokasi ,tampak terlihat  program serasi sudah di kerjakan sesuai prosedur dan berjalan sesuai aturan yang sudah tentukan juga terealisasi dengan baik dan salah satunya seperti,parit stiker, gorong - gorong stiker dan parit - parit cacing serta penanaman padi.

Ketua UPKK yang di wakili sekertaris  UPKK Desa Panca Mukti ,Ari Wandi Wibowo menjelaskan kepada figurnews.com,Selasa (26/11/2019) bahwa untuk program serasi ,Galian normalisasi Stiker dan gorong - gorong  stiker koneksi di bulan November 2019 ini sudah mencapai 65 persen  dari 23 kelompok yang anda di desa Panca Mukti," jelasnya.

Ari juga mengatakan,terkait dengan penanaman padi program serasi ini sudah mencapai 100 persen dan jenis bibit yang di tanam " IMPARI" 32. Dan Ia berharap  dengan adanya program serasi ini bisa meningkatkan  penghasilan para petani yang dulunya per hetare  panen mencapai 90 karung padi  di harapkan bisa lebih dari hasil  Sebelumnya,dari  IP 200 bisa meningkat menjadi IP 300," ungkapnya singkat.


Sementara itu, Kepala Desa Panca Mukti , Afantri WD saat di jumpai oleh Figurnews.com di rumahnya mengatakan, bahwa kami sangat mendukung dengan  adanya program serasi tersebut dan saya selaku kepala desa memberikan apresiasi program ini.karena ini mengangkat kesejahteraan daripada petani,"kata kades.

"Kita tau bahwa melalui program serasi ini dengan pembuatan tanggul penangkis air  agar air sungai tidak membanjiri persawahan masyarakat.  tentunya dengan adanya program ini kita bisa mengatur depit air atau volume air  untuk berfungsi sebagai pengaman sawah masyarakat," ungkapnya.

"Dengan harapan setidaknya ada sistem pengaturan air ke sawah- sawah masyarakat , produktivitas pertanian  kita akan lebih meningkat kalau tadi ke sasaran  di 90 karung sampai  120 karung per hektare . kita berharap kedepan ada sirkulasi air dengan sistem moderen, ini kita bisa memaksimalkan hasil produksi  pertanian sehingga bisa menambah kesejahteraan penghasilan masyarakat Desa panca Mukti ," pungkasnya kades.(Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre