Breaking News

Potensi Wisata Bahari Mentawai, Perlu Perhatian Khusus Pemerintah Pusat

Foto : Pertemuan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan Kementrian Pariwisata RI. Selasa, (5/11/2019). 

Mentawai. Figurnews.com- Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet melakukan pertemuan bersama Kementrian Pariwisata Republik Indonesia terkait pengembangan Pariwisata Mentawai di Jakarta, Selasa, (5/11/2019).

Ia mengatakan, pembahasan itu terkait pembangunan Pariwisata menjadi Prioritas di kabupaten kepulauan Mentawai. Serta Pariwisata ditempatkan sebagai Lokomotif pembangunan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkualitas dan berkesinambungan.

Selanjutnya dikatakan bahwa, langkah ini merupakan cara untuk pengentasan kemiskinan dan permberdayaan Masyarakat. Maka melalui itu, ia berharap perhatian dan bantuan Kementrian Pariwisata.

“Kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo agar memperhatikan Mentawai secara khusus,” Ungkap Yudas Sabaggalet.

Menurutnya secara Politis, Masyarakat Kabupaten kepulauan Mentawai adalah penyumbang suara terbanyak pada 2 Periode Pilpres lalu dari seluruh kabupaten di Provinsi Sumatra barat. Maka dari pada itu, Masyarakat mengharapkan kehadiran dan perhatian Presiden di Mentawai.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Naslindo Sirait menyampaikan dalam Rencana Jangka Panjang (RapJP) bahwa Mentawai telah meletakan Visi Mentawai sebagai pusat pengembangan Maritim di wilayah barat Sumatra.

Hal tersebut mengingat Mentawai memiliki Potensi Bahari yang luar biasa seperti Surfing terbaik di dunia, Kawasan Biosfer kelima di Indonesia, Perikanan, Budaya Asli Mentawai yang memiliki daya tarik bagi para Wisatawan Mancanegara di Mentawai.

“Tentu ini perlu dikembangkan dengan cara yang tidak biasa. Tetapi dengan cara Skala besar dan berstandar Nasional. Dan tetap menjaga daya dukung dan daya tampung yang berdampak pada peningkatan kunjungan Wisata dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta peningkatan Ekonomi Masyarakat,” ungkap Naslindo Sirait.

Ia menambahkan bahwa perlunya kebijakan dan Pro Investasi dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, peranan Perguruan tinggi serta Masyarakat Mentawai.

Naslindo berharap pada periode ke-II, Presiden Republik Indonesia ini, Pemerintah mengevaluasi Destinasi Wisata Nasional terkait potensi Bahari yang dimiliki Mentawai.

Kemudian, selain masuk RPJMN perlu butuh dukungan lain seperti Infrastruktur Pembangunan Bandara di Siberut. Dimana, daerah ini layak dikembangkan sebagai pusat Wisata Bahari.

“Ini sudah layak dikembangkan mengingat jumlah kunjungan Wisatawan ke Siberut yang cukup tinggi. Namun belum Optimal karena akses menuju Destinasi Wisata masih menggunakan jalur laut,” terangnya.

Namun ia percaya bahwa dengan adanya Bandara dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) jumlah pengunjung di pulau Siberut akan berkembang.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Investasi, Hengki Manurung, menyambut baik program Pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai tersebut. Sehingga ia berjanji untuk memberikan perhatian khusus bagi Mentawai.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre