Breaking News

Penyerapan Dana Desa 2019, Pemdes Desa Teluk Tenggulang Tingkatkan Pembangunan

DESA TELUK TENGGULANG BANYUASIN (SUMSEL) FN – Guna untuk mendongkrak perekonomian  dan kemakmuran masyarakat desa, pemetitah  desa Teluk Tenggulang, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Banyuasin,  tingkatkan pembangunan menjadi skala prioritas utama. Salah satunya adalah Pembangunan Gedung TPA/PAUD, Box Cluver dan Destinasi wisata embung-embung desa.


Kepala Desa Teluk Tenggulang, Ependi, S.Ip mengatakan ,bahwa pada tahun 2019 pembangunan pembangunan dilingkungan desa menjadi prioritas utama, mengingat peningkatan pembangunan dilingkungan sudah sangat mendesak sebagai kebutuhan masyarakat desa Teluk Tenggulang.

“Sebagai pemerintah desa  kami harus memperhatikan kepentingan prioritas bagi masyarakat  dalam mengalokasikan dana desa, sehingga pembangunan yang dilakukan tepat sasaran,” terang Erpendi,S.Ip pada figurnews.com, Selasa (5/11/2019).


“Alhamdulillah pembangunan di tahun 2019  tahap 1 (satu) dan tahap 2 (dua)  diantaranya Gedung TPA/PAUD, 2 (dua) unit  dan Box Cluver di dusun 6 (enam) serta pembangunan destinasi wisata embung-embung desa di dusun 5 (lima) sudah selesai.

"Dalam pengerjaannya kami melibatkan masyarakat desa Teluk Tenggulang, mulai dari melakukan pengawasan dari awal pekerjaan hingga selesainya pembangunan dan itu semua sudah di audit Dinas Inspektorat  Kabupaten Banyuasin, Rabu 30 Oktober 2019  lalu berjalan dengan lancar, “ ujarnya.

Semantara itu, untuk pembangunan lainnya terang Erpendi, S.Ip, pihaknya juga akan merencanakan anggaran tahap 3 (tiga) mengalokasikan pemberdayaan dan pengadaan mobil Ambulance  yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa Teluk Tenggulang nantinya.

Dikatakannya lagi Erpendi,S.Ip, bahwa semua program yang dialokasikan ini adalah  pembangunan dan pemberdayaan yang memang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat desa Teluk Tenggulang. Terlebih pembangunan infrastruktur. Dimana menurutnya,  ini dinilai sangat penting  bagi masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, dalam menentukan skala prioritas pembangunan yang bersumber dari dari Dana Desa( DD) tersebut dengan memperhatikan sistem, top-down (atas-bawah) yakni program pemerintah pusat yang dilaksanakan di daerah yang disampaikan melalui Kemendes, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi.

Disamping itu juga, pembangunan juga memperhatikan sistem, yakni mempertimbangkan hasil musyawarah dusun, yang dibawa ketingkatan musyawarah desa (musdes) untuk dirangking untuk dicari yang paling prioritas.

”Jadi kita juga harus mempertimbangkan usulan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan,” tukasnya.

Dalam pelaksanaan pembangunan, pihaknya memperhatikan kualitas pekerjaan, sehingga dapat tahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat.

”Dengan adanya program ini kami sangat berterima kasih kepada pemerintah Pusat maupun Provinsi dan Kabupaten oleh Karenanya kita berharap, masyarakat dapat ikut menjaga hasil pembangunan yang sedang dan telah kita laksanakan. Sehingga dapat tahan lama, dan bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.(Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre