Breaking News

Kwarda Sumbar Sebut Pramuka Sejati Adalah Berjiwa Nasionalisme


Foto : Sekretaris Kwarda Sumbar bersama rombongan saat meninjau Kemah peserta Jambore. Selasa, (5/11/2019). 

Mentawai. Figurnews.com- Sekretaris Kwartir Daerah (Kwarda) Sumatra Barat, Amril Amri menyebutkan bahwa Pramuka Sejati adalah berjiwa Nasionalisme. Pasalnya, Jambore Pramuka merupakan sebuah ajang untuk menjalin Persatuan dan Kesatuan Masyarakat di seluruh Indonesia.

“Secara Nasional, satu-satunya Organisasi yang dapat mendidik karakter bermasyarakat yang sangat Independen itu adalah Pramuka,” ungkapnya kepada Wartawan usai pembukaan Jambore Cabang II Tahun 2019, Kwartir Cabang 0315 Gerakan Pramuka Mentawai di Kawasan Desa Wisata, dusun Mapaddegat, Desa Tuapejat, Mentawai. Selasa, (5/11/2019).

Menurutnya, hal itu dapat dilihat melalui Ivent-iven Gerakan Pramuka selama ini karena setiap anggota Pramuka tidak pernah memandang Suku, Agama dan Ras dalam melaksanakan kegiatan. Maka Ia berharap agar  semua menjaga hal tersebut.

“Kita harus membumikan Pramuka ini, dari tingkat Nasional hingga tingkat daerah. Dan melalui Iven-iven hilang semua perbedaan, apapun bentuk perbedaan kita,” tambah Amril Amri.

Selain itu, Ia mengapresiasi Kwartir Cabang 0315 kepulauan Mentawai dalam meyelenggarakan Jambore yang bertujuan untuk membentuk karakter peserta anak didik.

“Saya melihat Semangat dari Pemerintah Kabupaten kepulauan Mentawai, Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati dalam memajukan Pramuka di Mentawai kelihatan sekali,” paparnya.

Hal itu dapat dilihat dari keseriusan Pemerintah untuk mendatangkan peserta Jambore di 10 kecamatan kabupaten kepulauan Mentawai. Maka dari pada itu, hendaknya diberi dukungan dari Pemerintahan Provinsi Sumatra barat terkait semangat para peserta Jambore Cabang II Tahun 2019 ini.

Sementara itu Ketua Pelaksana Jambore Cabang II Tahun 2019, Ipda Januar menyebutkan, ada sebanyak 171 peserta mengikuti Jambore tersebut. 171 peserta terbagi dari 9 dari 10 kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai. Dan ditambah pembina pramuka dimasing-masing kecamatan dan total keseluruhan peserta sebanyak 200 orang.

“Dari 10 kecamatan, Minus 1 Kecamatan yakni kecamatan Siberut barat daya. Saat ini kita belum tahu alasan mereka. Awalnya mereka katakan siap untuk ikut, mungkin saja anda kendala,” katanya.

Dikatakan Ipda Januar bahwa kegiatan berlangsung selama 4 hari terhitung mulai hari ini Selasa, 5 November sampai 8 November 2019.

Ia menambahkan Jambore ini merupakan sebuah ajang Pemersatu seluruh Kontingen Pramuka yang terpisah di 10 kecamatan kabupaten kepulauan Mentawai. Dan ajang ini menjadi kesempatan bagi peserta untuk saling mengenal dan saling bertukar informasi. “Kita harapkan kedepan dengan Jambore ini agar terbentuk Karakter Generasi Muda yang bermartabat,” Sautnya.

Adapun rangkaian kegiatan Jambore Cabang II Tahun 2019 ini ialah pada hari Selasa, (5/11/2019), Pembukaan Jambore, Pramuka, Ishoma, PBB, Montainering dan bijak menggunakan Medsos, Ishoma, forum penggalang, giat pembina dan Pramuka siaga Bencana.

Selanjutnya, hari Rabu, (6/11/2019), Bahaya Narkoba, Giat air, Pramuka dan halang rintang. Ishoma, penyuluhan bahaya Narkoba, Outbound, Ishoma, Halang Rintang, Ishoma, Malam pentas seni.

Seterusnya, hari kamis, (7/11/2019), Sholat, Senam pagi, persiapan kegiatan, Outbound, halang rintang, penyuluhan bahaya Narkoba, Giat air, keterampilan Pramuka, wawasan kebangsaan, Ishoma, halang Rintang, penyuluhan bahaya narkoba, wawasan kebangsaan, dan pertolongan pertama, bijak menggunakan Medsos, keterampilan Pramuka, PBB, Mointenering, Ishoma, pemutaran Film dan Api Unggun.

Kemudian hari Jumat, (8/11/2019), Bangun pagi, senam pagi, persiapan upacara penutupan dan Upacara penutupan.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre