Breaking News

Koni Cup 2019, Awal Lahirnya Olahragawan Sejati

Foto : Jelang Pertandingan antara Tim kecamatan Sipora utara dan Siberut selatan. Minggu, (3/11/2019). 

Mentawai. figurnews.com- Turnamen sepak bola kaki Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Cup 2019 perdana yang telah berlangsung selama 1 minggu penuh pada 25 Oktober sampai 3 November 2019  itu resmi ditutup Bupati kabupaten kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet di lapangan Desa Sido Makmur, Sipora utara.

Pada sambutannya Bupati Mentawai mengapresiasi seluruh Panitia yang terlibat pada Turnamen sepak bola kaki Koni 2019 dan 6 Kontingen yang berlaga pada turnamen itu serta Kapten tim kesebelasan. Khususnya tim Sipora utara sebagai pemenang pada Koni Cup 2019.

“Ajang ini adalah sebagai pengembangan dan pembinaan Sumber Daya Manusia. Salah satunya adalah soal mental. Dan dari seluruh Kontingen telah dicatat nama-nama yang akan di panggil untuk melanjutkan pembinaan kedepan,” ungkap Yudas Sabaggalet pada sambutannya pada acara penutupan sekaligus Final Koni Cup 2019 antara Sipora utara dan Siberut selatan. Minggu, (3/11/2019).

Ia berharap kepada Koni Mentawai untuk lebih luas lagi mencari Atlit berbakat di seluruh kecamatan kabupaten kepulauan Mentawai. Diantaranya, Atlit lari, atlit bola Takraw, atlit bola Volly dan sebagainya.

“Kepada Kontingen jangan hanya berhenti disini, tetap latihan apalagi lapangan kita di Tuapejat sudah memenuhi untuk latihan dengan tim yang terbina dan terlatih. Usahakan latihan satu kali sampai dua kali dalam seminggu,” tambahnya.

Maka dari pada itu dikatakan Yudas, dengan memperbanyak latihan akan meningkatkan keterampilan agar dapat menjadi pemain handal. “Saya melihat Wasit benar-benar Profesional tidak memihak sana-sini. Dan kita berharap Koni juga dapat menentukan Wasit pilihan untuk diberi pelatihan,” terang Yudas Sabaggalet.

Bupati menghimbau dengan adanya Ivent ini mampu memberikan peluang bagi Masyarakat untuk berjualan dilokasi tersebut. Tentunya untuk meningkatkan ekonomi Masyarakat setempat.

Ketua Koni Mentawai, Antonius Saleleubaja mengatakan ini adalah ajang untuk melahirkan Olahragawan sejati dimana perlunya dukungan dari Pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Mentawai.

"Semoga ini menjadi payung kita untuk menghadapi Iven-iven berikutnya. Koni selalu siap untuk membantu Pemerintah Daerah, " Sambutnya.

Terpisah Ketua DPRD Mentawai, Yosep Sarogdok mengatakan Koni Cup ini meruakan langkah awal untuk mencari Kader Putra-putri terbaik Mentawai sebelum terjun pada Ivent Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) tahun 2020 mendatang.

“Kita harus mulai ini dari daerah, dan ini sangat luar biasa dan ini tentunya harus rutin dilakukan supaya kita dapat menyeleksi Putra-putri terbaik kita. Dan jangan hanya Bola Kaki saja tetapi harus dilakukan Ivent Olahraga lainnya,” ujarnya.

Koni di Mentawai harus memiliki kegiatan melalui Ivent dalam rangka seleksi Putra-putri terbaik di Mentawai. Apabila ada pertandingan diluar sana Pemerintah kita sudah siap, kalau soal anggaran jangan Kwatirlah, kita akan anggarkan di DPRD dan selama ini juga tidak kita persulit, terangnya.

Kemudian Ia berharap agar adanya Ivent Panahan Tradisional Mentawai.

Sementara itu Pelatih Tim Kesebelasan Sipora utara Hendro Setiawan mengatakan, Timnya telah berlatih semaksimal mungkin pada final Koni Cup 2019.

"Saya sangat bangga dengan Ketua Koni sekarang. Dia sangat menilai Positif terhadap pertandingan Sepak Bola Kaki di Mentawai. Apalagi selama ada Koni baru kali ini ada Koni Cup 2019," katanya.

Sementara itu Juara 1 Koni Cup 2019 diraih oleh Kecamatan Sipora utara, Juara 2 diraih oleh Kecamatan Siberut Selatan dan Juara 3 diraih Oleh Kecamatan Sipora Selatan.

Selain itu, dampak dari turnamen Koni Cup 2019 menambah pemasukan bagi para pedagang yang berada dilokasi tersebut.

"Alhamdulilah saya dapat berjualan disini dari pukul 14.00 sampai 18.00 wib dengan banyak penonton saya bisa mendapatkan keuntungan Rp. 200 sampai Rp. 300 ribu," ungkap Ibu Mumun, warga Desa Sido Makmur.

Menurut pantauan figurnews.com selain ibu Mumun juga ada 6 lapak yang berjejeran di lokasi Turnamen itu serta juga ada pedagang keliling.

Wartawan : Erik Virmando


No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre