Breaking News

Kepala Desa Pinang Banjar Dan Gapoktan Tinjau Lokasi Program Serasi

PINANG BANJAR MUBA FIGURNEWS.COM -- Kepala Desa pinang Banjar di dampingi oleh perangkat desa dan Gapoktan juga Babinsa setempat meninjau pekerjaan

Dana bantuan sosial program Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterahkan Petani) dari Kementerian Pertanian melalui pemerintah provinsi dan kabupaten, bertempat di dusun 6 (enam) Desa Pinang Banjar, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin, Selasa (12/11/2019).

Dari pantauan awak media di lokasi , program serasi dari Kementerian pertanian pembuatan tanggul dan saluran air persawahan  tersebut seluas 247 hektare ini  tampak Kepala desa beserta perangkatnya dan Gapoktan juga Babinsa setapat  tinjau ke lokasi pembuatan tanggul dan saluran air persawahan.

Kepala Desa Pinang Banjar Aman Mahmud ,saat di wawancarai oleh awak media di lokasi mengatakan, bahwa dengan adanya program serasi tersebut saya selaku kepala desa memberikan apresiasi program ini.karena ini mengangkat kesejahteraan daripada petani,"kata kades.

"Kita tau bahwa desa Pinang Banjar  ini di impit oleh dua sungai Dawas dan sungai supat , sehingga ketika air sungai pasang terjadi luapan air yang sangat tinggi membanjiri lahan pertanian bahkan ke permukiman masyarakat.

Melalui program serasi ini dengan pembuatan tanggul penangkis air  agar air sungai tidak membanjiri persawahan masyarakat.  tentunya dengan adanya program ini kita bisa mengatur depit air atau volume air  untuk berfungsi sebagai pengaman sawah masyarakat," ungkapnya.

"Dengan harapan setidaknya ada sistem pengaturan air ke sawah- sawah masyarakat , produktivitas pertanian  kita akan lebih meningkat kalau tadi ke sasaran  di 4 sampai 5 ton per hektare . kita berharap kedepan ada sirkulasi air dengan sistem moderen ini kita bisa memaksimalkan hasil produksi Iyas pertanian sehingga bisa menambah kesejahteraan penghasilan masyarakat Desa Pinang Banjar ," pungkasnya kades.

Sementara itu ketua Gapoktan Desa Pinang Banjar Turino menyampaikan," Alhamdulillah untuk Desa Pinang Banjar mendapatkan program serasi seluas 247 hektare ,mudah - murahan dengan adanya program serasi ini depit  air yang tadinya meluap melalui antas sawah yang tidak ada tanggulnya,sekarang dengan di bangunya tanggul ini  air yang sebelumnya  naik ke dalam pertanian dapat bisa di atur gitu pak.sehingha para petani menggarap sawahnya lebih maksimal dan tepat waktu,"ucapnya.

"Untuk itu, dengan adanya program serasi ini kedepannya bisa meningkatkan IP yang sebelumnya IP 200 dan bisa meningkat menjadi IP 300 harapan petani pak.

Lanjutnya Turino , dengan adanya saluran air dari sawah yang sudah di Oktmalisasi sehingga bisa meningkatkan penghasilan para petani dan kesejahteraan petani harapan  kita kedepannya pak ," tutupnya (Sudarmanto/Doyok)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre