Breaking News

HKN 2019, Wabup Mentawai : Pemetaan Wilayah dan Akses Jadi Subtansi Dasar

Foto : Sumber Google. Peta kabupaten kepulauan Mentawai. Selasa, (12/11/2019). 

Mentawai. Figurnews.com- Wakil Bupati kabupaten kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake mengatakan pemetaan wilayah menjadi Subtansi dasar di bidang Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi yang saling berkaitan untuk memaksimalkan pelayanan terhadap Masyarakat.

Untuk membangun itu, pihaknya mengupayakan Akses Komunikasi dan Transportasi disetiap wilayah di 10 kecamatan kepulauan Mentawai melalui pemetaan tersebut.

“Dengan letak Geografis Mentawai sebagai daerah kepulauan memang tidak mudah untuk membangun akses Infrastruktur Jalan kesetiap kecamatan,” ungkapnya kepada Wartawan usai peringatan HKN ke 55 tahun 2019 di ruangannya. Selasa, (12/11/2019).

Meski demikian, ia mengupayakan pelayanan akses Komunikasi Pukesmas, Poskesdes dan Pustu di 10 kecamatan. Maka dengan akses Komunikasi yang baik Petugas di setiap wilayah sudah dapat berkonsultasi tentang kesehatan disetiap tingkatan.

“Ini yang selalu saya teriakan di kementrian bahwa kami perlu udara karena untuk membangun jalan waktunya terlalu lama. Namun untuk jaringan apabila alatnya ada tinggal letakkan dan sudah bisa Komunikasi,” Tambahnya.

Namun ia tetap mengupayakan pembangunan Infrastruktur jalan agar tercapai untuk memberikan pelayanan di setiap bidang.

Menurut data dikatakannya akses Komunikasi dan Informasi hingga tahun 2019 di kabupaten kepulauan Mentawai telah mencapai 50-60 persen. Namun kesepakatan dengan Dinas Kominfo pada tahun 2022 sudah selesai secara keseluruhan.

Sementara itu untuk akses jalan hingga tahun 2022 minimal pembukaan jalan selesai. Sedangkan untuk pengerasan atau peningkatan jalan akan diupayakan pada 5 tahun kedepan atau pada tahun 2027.

“Siapapun pemimpinnya kedepan, program ini tetap dituntaskan karena percuma kita bangun Ekonomi kalau akses jalan dan komunikasi tidak ada, ini akan menjadi sia-sia. Misalkan, Masyarakat kita suruh tanam ini, tanam itu tetapi pasar tidak ada. Orang pedaganpun tidak bisa berjualan,” terangnya.

Ia memberi contoh bahwa, Mobil di medan dapat memasuki di perkebunan durian dan sebagainya, karena akses jalan sudah ada. Akses jalan dan Informasi membuat kesadaran Masyarakat  meningkat.

Selain itu, ia berharap dengan adanya Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) di kepulauan Mentawai agar lebih Intens memberikan Informasi. Pasalnya, secara pengkauan data ada di BPS yang memilik asal data melalui kolaborasi disetiap bidang. Salah satunya, tentang Kesehatan.

“Jadi tidak hanya sekedar diwaktu tentu saja turun. Padahal kita pemerintah sangat membutuhkan pengakuan data secara cepat. Misalakan, Desa ini penyakitnya sangat banyak tentu ini menjadi informasi yang nanti dapat kita Instruksikan. Contohnya lagi nilai Murid di sekolah itu sangat rendah lalu kita dapat instruksi agar Guru tersebut dapat diberi arahan. Begitu juga dengan Ekonomi Masyarakat,” tutup Kortanius Sabeleake.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre