Breaking News

Danlanud El Tari Kupang Terima Bantuan Satwa Rusa betina dari Kepala BBPP Kupang


Kupang (NTT) Figurnews.com--Penangkaran satwa rusa Timor yang ada di Kawasan Lanud El Tari Kupang, NTT mendapat tambahan dua  penghuni baru rusa betina dari Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang.
Selama ini, penangkaran yang ada memiliki empat ekor rusa  pejantan dan dengan penambahan rusa betina dari BBPP Kupang, diharapkan populasinya semakin bertambah.

Penyerahan dua rusa yang dilakukan bertepatan dengan HUT Polisi Militer TNI AU ke 73 ini diserahkan langsung oleh  Kepala BBPP Kupang,  drh. Bambang Hariyanto, MM, diterima  Komandan Lanud El Tari Kupang, Kolonel (Pnb) Agus Setiawan di kompleks penangkaran di kawasan Lanud El Tari, Kupang, Jumat (1/11/2019) pagi.

Bambang kepada wartawan menjelaskan, momen penyerahan rusa Timor ini seperti momen perkawinan dimana BBPP Kupang menyerahkan rusa betina  ke Lanud El Tari yang selama ini memiliki rusa pejantan. Bagi BBPP Kupang, kehadiran dua rusa betina ini diharapkan bisa memberikan harapan besar, agar kedepan populasi rusa semakin banyak.

Bambang mengakui awal mula rusa yang ada di BBPP Kupang sebanyak 4 ekor yang didatangkan dari Pulau Alor. Seiring dengan perjalanan waktu, terjadi penambahan sehingga saat ini tercatat 16 ekor rusa yang sedang dipelihara di BBPP Kupang.

"Saya mau tegaskan bahwa BBPP tugasnya memberikan pelatihan bukan memelihara satwa. Kebetulan di Lanud El Tari ada tempat penangkaran maka kita berikan dua rusa betina untuk bergabung dengan rusa pejantan yang ada," jelas Bambang.

Bambang berharap populasi rusa Timor terus bertambah dan kepada wargapun harus ikut menjaga kelestariannya.

Pada tempat yang sama, Komandan Lanud El Tari Kupang, Agus Setiawan menyampaikan terima kasih kepada pimpinan BBPP Kupang. Selama ini memang Lanud El Tari telah memelihara rusa namun yang ada merupakan pejantan.

"Penyerahan ini bertepatan dengan HUT Polisi Militer TNI AU ke 73. Kami berterima kasih kepada BBPP Kupang. Sapi pejantan yang ada berjumlah empat ekor dan dengan hadirnya dua rusa betina ini, saya yakin populasi rusa Timor ini akan bertambah banyak," ujar Agus.

Dirinya berharap  warga di NTT juga ikut menjaga  kelestarian satwa rusa ini agar tidak punah. Lahan di Lanud El Tari juga cukup luas sehingga diyakini satwa yang ada akan berkembangbiak dengan baik.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA NTT, Lidia Tesa Vitasari Saputra menyampaikan bangga dengan BBPP Kupang dan Lanud El Tari yang memiliki kepedulian terhadap satwa langka khususnya rusa Timor. Kehadiran dua rusa betina di penangkaran ini diharapkan bisa dijaga dengan baik dan berkembangbiak semakin banyak.

"Harapan saya kalau rusa ini semakin  berkembangbiak maka bisa dilepaskan kembali ke
hutan kembali. Saya juga harapkan warga ikut jaga satwa rusa yang ada. Banyak juga satwa rusa di  NTT seperti di Pulau Ndana dan Menipo," ujar lidia yang baru dua minggu di NTT.

Turut menyaksikan penyerahan rusa ini Komandan POM Lanud El Tari Kupang, Mayor (POM) Tri Gunadi, pejabat dari BBPP Kupang, Kasubag Perlengkapan Instalasi, Abdul Salam, SE, Kasie Pelatihan Non Aparatur, Rais Sidiq F. S.Pt dan Staf BMN, Fransiskus Rance Raga juga para anggota Lanud El Tari Kupang.(amperawati).

1 comment:

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre