Breaking News

BNNP NTT Penuhi Target Operasi Pemberantasan Narkoba


KUPANG.FIGUR NEWS.COM-- Badan Narkotika Nasional ( BNN) Provinsi NTT dalam Tri Wulan III tahun anggaran 2019, diberikan target pemberantasan Narkoba sebanyak 8 target.

Dalam  bidang pemberantasan,  BNN NTT memperoleh 5 target terhitung 21 September 2019. 
Pengungkapan yang sangat luar biasa dilakukan BNN Provinsi NTT terjadi di Kabupaten Sikka, ( 2 orang tersangka)Pelabuhan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat ( 2 orang tersangka)  dan di Surabaya ( 1 orang tersangka ) pada Juni 2019. 

Plt. Kabid Pemberantasan Badan Narkotika Nasional ( BNN) Provinsi NTT, AKP Yuliana Beribe, SH menyampaikan hal ini dalam Jumpa Pers Bidang Pemberantasan Triwulan 3 Tahun anggaran 2019 dengan  Wartawan di Aula BNN Provinsi NTT, Kamis ( 14/11/2019).

Yuliana mengatakan, untuk bidang pemberantasan,  BNN NTT memperoleh 5 target. Dari 5 target tersebut target sudah terpenuhi. 

"Secara pribadi maupun lembaga saya meminta kepada rekan-rekan wartawan untuk bisa mempublikasikan. Bahwa BNN Provinsi NTT  bidang pemberantasan dengan 14 orang personil, terhitung 21 September 2019 telah berhasil memenuhi target mengungkapkan jaringan peredaran gelap narkotika di Wilayah Provinsi NTT yang diberikan oleh BNN RI,"  tegasnya.

Namun dirinya mengungkapkan, bahwa keberhasilan yang dicapai tidak sampai disitu saja.
Bersama rekan-rekannya  akan bekerja keras, berusaha dengan kemampuan ilmu yang dimiliki akan menunjukkan dedikasi serta keprofesional dan kinerja yang baik kepada lembaga ini. 

"Prinsipnya, hidup dan dibesarkan oleh lembaga BNN NTT. Jadi apapun yang kami lakukan semata-mata untuk kemajuan dan keberhasilan BNN NTT yang kami cintai ini"  ungkapnya.

Yuliana ketika memberikan keterangan pers, dipandu Kasie Penguatan Lembaga Rehabilitasi BNN Provinsi NTT, Dokter Daulat A. Samosir. Turut mendampingi,  Kabid Rehabilitasi BNN Provinsi NTT, Stef Joni Didok, SH dan Penyidik BNN Provinsi NTT, Bripka Yance Tedens.

Menurut Yuliana, Pengungkapan yang sangat luar biasa dilakukan BNN Provinsi NTT terjadi di Pelabuhan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat pada Juni 2019. Dimana BNN berhasil mengungkap tiga tersangka peredaran gelap narkoba jenis shabu.

"Ketiga tersangka itu yakni, TAT, MT dan SL. 
Tersangka TAT merupakan , seorang sopir bus berasal dari Aimere Kabupaten Ngada.  Tetapi sesuai KTP beralamat di Jalan A Yani Kelurahan Tetandara, Kota Ende.  Tersangka MT alias M, juga seorang sopir bus berasal dari Welamosa, Kecamatan Wewaria, Kabupaten Ende. Sementara tersangka SL adalah seorang ibu rumah tangga asal Banjar, Kecamatan Perak Timur, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur," jelas Yuliana.

Dalam penyidikan terhadap ketiga tersangka ini, kata Yuliana,  penyidik BNN Provinsi NTT berhasil menyita barang bukti (BB) berupa satu (1) paket narkotika jenis Methamfetamin atau Shabu dengan berat Netto 0,0078 gr sesuai hasil uji laboratorium, satu (1) bungkus rokok Sampoerna Mild putih, tiga (3) batang pipet kaca atau pirex, satu (1) jaket dengan motof bergaris cokelat-hitam, satu (1) buah handphone (HP) merk Nokia type 150 warna hitam dan satu (1) handphone (HP) Oppo F1 One.

Atas perbuatan yang dilakukan, tersangka MT dijerat dengan pasal 114 ayat 1, pasal 112 ayat 1, dan pasal 127 ayat 1 huruf a UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Tersangka TAT dijerat dengan pasal 114 ayat 1 dan pasal 112 ayat 1, UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Sedangkan tersangka SL dijerat dengan pasal 114 ayat 1, pasal 112 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 huruf a UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Berkas ketiga tersangka kasus peredaran gelap narkotika ini, tambah  Yuliana, telah dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Labuan Bajo.

"Kasusnya  telah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Labuan Bajo. Pada persidangan yang digelar Tanggal , 2 November 2019, Majelis Hakim PN Labuan Bajo menjatuhkan vonis lima (5) tahun penjara bagi tersangka/terdakwa TAT, enam (6) tahun penjara bagi tersangka/terdakwa MT dan hukuman 7 tahun penjara bagi tersangka/terdakwa SL," tegas Yuliana.(ER)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre