Breaking News

Awal Desember 2019, Revitalisasi Pasar Sioban Bakal PHO

Foto : Kontraktor Pelaksana CV. Tiga Putri Chania, Abdi saat memeriksa Item Bangunan. Rabu, (27/11/2019). 

MENTAWAI. FIGURNEWS.COM- Proyek Revitalisasi Pasar Rakyat di Desa Sioban, kecamatan Sipora selatan, kabupaten kepulauan Mentawai CV. Tiga Putri Chania bakal Provesional Hand Over (PHO) atau Serah Terima Pertama pada 1 Desember 2019 mendatang.

Sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 penugasan Bidang Pasar, Kementrian Perdagangan RI, Nomor : 19/SPK-PPK/PSR-Sioban/VII-2019, Sebesar Rp. 1.538.608.000. Waktu  pelaksanaan 150 hari Kalender.

Menurut Kontraktor Pelaksana CV. Tiga Putri Chania, Abdi Sitorus S.TP bahwa pengerjaan dimasing Item pembangunan telah mencapai 100 persen. Adapun pengerjaan di masing item seperti 16 Unit Kios, MCK, Drainase, Gapura, Bak sampah, Gapura dan Penataan Pakir.

“Pekerjaan sesui target tidak ada kendala dan pada hari senin kita melaksanakan serah terima dengan Dinas Koperindag Mentawai.” Ungkap Abdi kepada Wartawan. Rabu, (27/11/2019).

Namun saat ini dikatakan Abdi, pihaknya tengah melakukan pengecakan pada setiap Item Bangunan. “Pada prinsipnya dalam pembangunan kita memberikan yang terbaik sesui rancangan yang telah diberikan. Mudah-mudahan Kualitas pasar yang baik memberikan kenyamanan bagi Pedagang disini,” tambah Abdi.

Dilain tempat, Kepala Seksi Perdagangan Dinas Koperindag Mentawai, T. Gerpandi S, S.E M.M membenarkan bahwa PHO akan dilaksankan Senin depan bersama Kepala Diskoperindag dan pihak terkait.

“Minggu lalu Tim kita sudah mengecek langsung ke Lokasi, semua pekerjaan telah selesai. Namun hanya tinggal pemasangan Nama Gapura. Dan selain itu tidak ada masalah,” Katanya yang sering disapa Gerry itu.

Meski demikian, Dia tetap bakal memastikan Kulitas bangunan Pasar bersama Tim Teknis, Tim PHO, TP4D dan Konsultan untuk menguji kelayakan bangunan pada saat serah terima tersebut.

“Namun apabila semua sudah memenuhi persyaratan berarti sudah PHO. Namun apabila belum tentu diselesaikan terlebih dahulu,” terangnya.

Untuk Revitalisasi Pasar Sioban  tahap selanjutnya Dinas Koperindag Metawai telah mengusulkan kepada Menteri perdagangan RI, namun masih menunggu keputusan tentang Alokasi tahun Anggaran 2020.

Ia menyampaikan setelah serah terima, pihaknya akan langsung menyerahkan kepada pihak kecamatan agar dikelola langsung

Hal tersebut merujuk pada Peraturan Bupati Kabupaten kepulauan Mentawai Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Pasar oleh Kecamatan. Termasuk pemungutan Retribusi kepada Pedagang dan pelaku UMKM.

Terdapat sebanyak 16 Kios di Pasar tersebut. "Tetapi saat memilih Pedagang yang akan menepatkan Kios itu, Pihak kecamatan hendaknya memakai Sistem Undi setelah mendaftar. Jangan tunjuk sana-sini, agar pemilihan dilakukan secara murni,” katanya.

Kemudian Pedagang per Kios hendaknya menjual jenis dagangan yang berbeda. Hal itu dilakukan agar tidak adaanya persaingan di antara kios satu dengan Kios lain.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre