Breaking News

ASTER KASDAM II/SRIWIJAYA BUKA KURSUS MAHIR DASAR PEMBINA PRAMUKA SAKA WIRA KARTIKA KODAM II/SRIWIJAYA TA. 2019

PALEMBANG (SUMSEL)  FIGURNEWS.COM --- Asisten Teritorial (Aster) Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Inf Rionardo memimpin Upacara Pembukaan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Terpusat Tingkat Daerah, Kodam II/Sriwijaya TA. 2019, bertempat di Bumi Perkemahan Cadika Jln. Srijaya Pramuka I KM. 5,5 Palembang, Minggu (24/11/2019).

Pembukaan kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka SWK ini ditandai dengan penyematan tanda pelatih diwakili oleh Agus Priyanto dari Kwarda Sumsel dan peserta yang diwakili oleh Kapten Inf Hermanto dari Kodim 0401/Muba yang dilakukan oleh Aster Kasdam II/Sriwijaya selaku Inspektur upacara (Irup).

Kursus Mahir Tingkat Dasar SWK Terpusat Kodam II/Sriwijaya kali ini diikuti oleh sekitar 300 peserta dari berbagai satuan Kowil dan Non Kowil serta Balakdam  jajaran Kodam II/Sriwijaya.

Dalam amanat tertulis Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika yang dibacakan Aster Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Inf Rionardo menyampaikan bahwa,
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar SWK Kodam II/Sriwijaya bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia Kader Pramuka.

“Melalui ini diharapkan nantinya dapat melaksanakan Pembinaan Pramuka dalam rangka membentuk karakter generasi muda yang disiapkan untuk mendukung kepentingan bela negara,” ujarnya.

Disampaikan juga bahwa, kegiatan Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka SWK Terpusat Kodam II/Sriwijaya ini, juga merupakan wahana silaturahmi, meningkatkan kebersamaan serta meningkatkan kemampuan dan pemahaman tentang Pembinaan SWK, yang nantinya mampu melahirkan kader-kader Pramuka memiliki kepribadian yang berakhlak mulia, disiplin, terampil, mandiri dan memiliki semangat bela negara dan cinta tanah air.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen TNI AD dalam rangka menumbuhkembangkan jiwa nasionalisme, patriotisme, serta rasa persatuan dan kesatuan bagi generasi muda yang pada gilirannya nanti harus siap menjadi generasi penerus bangsa,” terangnya.

Sementara itu, Aster Kasdam II/Sriwijaya menjelaskan kursus mahir tingkat dasar SWK tersebut adalah dalam rangka menyiapkan para pelatih pramuka agar kedepannya bisa melaksanakan pelatihan pramuka di wilayah masing-masing.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai pengetahuan bela negara kepada generasi muda yang ada di Provinsi Sumsel.

“Dengan mereka mendapatkan ilmu tentang dasar-dasar kepramukaan, diharapkan mereka nanti dapat melatih sesuai nilai standard dalam pembinaan pramuka di wilayah masing-masing”, ujar Kolonel Rionardo.

Kegiatan kursus ini berlangsung selama satu minggu, mulai tanggal 24 s.d 30 November 2019, dengan mengusung tema, _*TNI AD Melalui Kursus Mahir Dasar Pembina Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Daerah Membentuk Kader Pembina Pramuka Mahir Dasar Saka Wira Kartika Yang Handal dan Profesional”.

Tema ini dilandasi kesamaan pandangan dan persepsi antara dua institusi yakni Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Saka Wira Kartika, tentang pentingnya membentuk kader pembina pramuka dalam rangka membentuk karakter generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan.(Sudarmanto/Pendam II/SWj)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre