Breaking News

Wujudkan Pariwisata Sehat di Mentawai

Foto : Sambutan Wakil Bupati Mentawai pada Acara Sosialisasi PHBS di Dinas PMPTSP, Jl Raya Tuapejat Km-5. Senin, (21/10/2019). 

Mentawai. Figurnews.com- Kabupaten kepulauan Mentawai sebagai Destinasi Wisata yang memiliki Potensi Sumber Daya Alam dan memiliki daya tarik bagi Wisatawan untuk menikmati Keindahan Laut dengan cara menyelam. 

Maka melalui itu, Dinas Kesehatan Mentawai dan Dinas Kesehatan Lantamal II Padang bekerjasama melakukan Sosialisasi Kesehatan Penyelam, Perilaku Hidup dan Sehat (PHBS) terhadap Penyelam. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan, Lahmuddin Siregar kepada Wartawan diruangannya. Selasa, (21/10/2019) bahwa Ketika masyarakat melakukan Aktifitas di dalam Air tentu akan berdampak kepada kesehatan. Maka Kesehatan harus menjawab itu agar tetap sehat. 

“Angkatan Laut memiliki Pengetahuan tentang laut, maka melalui itu kita Undang mereka untuk mensoialaisasikan kesehatan Penyelam. Mereka telah memberikan beberapa Wawasan Kesehatan tentang Menyelam,”  ungkapnya. 

Ini merupakan tahap awal yang dilakukan pihaknya untuk mendukung Puskesmas di Kawasan Desa Wisata di kepulauan Mentawai yaitu Kawasan Desa Wisata Muntei, Madobag, Mapaddegat dan Katiet (3M1K). 

Saat ini dari 15 Puskesmas di Kepulauan Mentawai ada 4 Puskesmas yang berada diwilayah Kawasan Desa Wisata 3M1K yaitu, Puskesmas Muara Siberut (Muntei), Puskesmas Sarereket (Madobag), Puskesmas Mapaddegat (Mapaddegat) dan Puskesmas Bosua (Katiet). 

Untuk pelayanan sendiri dikatakan Lamuddin bahwa pihaknya telah mempersiapkan dengan berbagai Pelatihan tentu menurut ketresedian Anggaran. Meskipun tidak, pihaknya mentransver ilmu melalui kegiatan seperti Sosialisasi itu. 

“Kita memberikan penaganan bagi Wisatawan maupun Masyarakat yang saat menyelam seperti luka dan tenggelam. Tentu dengan peralatan pendukung pelayanan di Puskesmas Kawasan Desa Wisata tersebut,” terang Lahmuddin.  

Kemudian pihaknya juga mengupayakan agar Petugas di Kawasan tersebut agar mampu berkomunikasi secara Glaobal yaitu dengan cara memaksimalkan SDM di Puskesmas setempat. 

“Ada keinginan kita untuk merekrut Petugas yang bisa berbahasa Ingris. Namun kembali lagi kepada  keterbatasan anggaran kita saat ini. Bisa saja kita rekrut orang D.III, S.I Bahasa Ingris untuk kita tempatkan di Puskesmas kawasan Wisata. Namun ini menjadi pemikiran kita kedepan.” Tutupnya. 

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre