Breaking News

Pengukuhan Pengurus KTNA Kepulauan Mentawai Masa Bhakti 2019-2024

Foto : Pengurus KTNA Kepulauan Mentawai. Senin, (21/10/2019). 

Mentawai. Figurnews.com- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kabupaten kepuluan Mentawai hari ini mengukuhkan sebanyak 30 Pengurus Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA).

“KTNA ini merupakan sebuah wadah yang bergerak dibidang Sosial dimana mereka bermitra dilapangan dengan Penyuluh Pertanian dan Perikanan,” Ungkap Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Mentawai, Marlina Simajuntak kepada Wartawan di Aula Bappeda. Senin, (21/10/2019).

Dikatakannya, keberadaan KTNA sebagai pendamping Para Petani atau Masyarakat yang bergerak dibidang Pertanian, Peternakan dan Perikanan. Seterusnya, mendampingi hingga Pemasaran yang akan berdampak pada Ekonomi Petani itu sendiri.

Misakan saja, Bidang pangan sawah yang menghasilkan beras yang kemudian KTNA berupaya agar beras tersebut dapat terjual untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal di Wilayah kepulauan Mentawai.

“Mereka bergerak untuk membaca kendala-kendala Petani dan Nelayan yang ada dilapangan. Dan sebetulnya pengurus KTNA itu adalah Petani itu sendiri yang telah Mandiri. Mereka juga dapat menjadi Penyuluh Swadaya,” tambahnya.

Disebutkan Marlina bahwa KTNA merupakan Kolaborasi dengan Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan kabupaten kepulauan Mentawai. Dan KTNA secara Nasional  itu merupakan Pengukuhan KTNA tingkat kabupaten yang terpokus di beberapa kecamatan.

“Sebelumnya sudah ada pengurus KTNA, yang sudah berjalan 5 tahun. Namun kita berharap kepada pengurus baru agar memberikan dampak kepada Petani di Kepulauan Mentawai. Dan KTNA merupakan Organisasi Independen,” tutupnya.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre