Breaking News

PEDANG Tidore ke-XI Bakal Digelar Akhir Oktober



Maluku Utara (Tidore) FN,-  Pelangi Budaya Negeri (PEDANG) Tidore ke XI tahun 2019 bakal digelar pada akhri Oktober 2019 oleh masyarakat Kelurahan Mafututu.

Ketua Panitia PEDANG Rustam Ade saat ditemui di watawan media ini menyampaikan, kegiatan pelangi budaya yakni ritual Tobo Safar (Mandi dibulan Safar) adalah Agenda Tahunan Generasi Muda Mafututu (GAMUTU) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2008 dan telah menjadi hajatan tahunan Kota Tidore Kepulauan.

Lanjut Rustam, Kegiatan kali ini bakal diformat secara inklusif, terbuka bagi partispasi seluruh elemen, baik di Mafututu maupun diluar Kelurahan Mafututu sebab kegiatan ini sudah menjadi miliki bersama.

Rustam Ade, Ketua Panitia Pelangi Budaya Negeri Tidore ke-XI
"Untuk kegiatan kali ini yang diselenggarakan pada tanggal 22-23 Oktober 2019 nanti kita akan rubah konsep acaranya biar tidak terlihat sama seperti kegiatan kemarin," tutur Rustam

Terkait dengan persiapan kegiatan, telah dilakukan pertemuan yang dipimpin langsung oleh Kepala Kelurahan Mafututu Ishak Mustari bersama tokoh Masyarakat, tokoh adat, serta para Generasi Muda Mafututu di Kantor Kelurahan Mafututu pada 21 September 2019 kemarin, jelas Rustam

Sementara Kepala Kelurahan Mafututu, Ishak Mustari yang juga selaku penanggung jawab pelaksana kegiatan menyampaikan, agenda pelangi budaya atau yang dikenal dengan ritual tobo safar adalah agenda kebudayaan yang sejak dulu telah rutin dilaksanakan oleh masyarakat Tidore, khususnya masyarakat Kelurahan Mafututu.

Kegiatan ini lanjut Lurah, adalah cara masyarakat merawat tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur di masa lalu melalui semboyan, ‘Gosimo Naro Masalano, Ngofa se Dano Mote Magare’.

"Sebagai penanggung jawab saya sangat berharap agar ritual Tobo Safar tetap dilestarikan di masa ke masa oleh genarasi-generasi saat ini dan masa yang akan datang serta bisa menjadi media promosi kebudayaan di tingkat nasional," kata Iskah

Tambah Lurah, Berhasil tidaknya pelaksanaan kegiatan ini sesungguhnya tidak terletak ada level output semata, yakni pada terselenggaranya kegiatan sesuai dengan rancana, tetapi juga pada bagaimana dampak signifikan yang dirasakan oleh masyarakat atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat Magututu bisa menjaga silaturahmi dan bisa merasakan dampak sosial dan ekonomi melalui kegiatan ini,” tutupnya. (RM)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre