Breaking News

Kuliah Umum, Bupati Jadi Dosen Sehari di AKN Mentawai

Foto : Bupati Mentawai saat menyampaikan Materi Kuliah Umum di Kampus PDD AKN Mentawai. Kamis, (24/10/2019). 

Mentawai. Figurnews.com- Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet memberikan kuliah umum selama 120 menit kepada Mahasiswa Program Studi Diluar Domisili (PDD) Rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) kepulauan Mentawai di kampus, Jl. Raya Tuapejat Km-9, Desa Bukit Pamewa, kecamatan Sipora utara, kabupaten kepulauan Mentawai pada hari ini, Kamis. (24/10/2019) pukul 16.30 wib.

“Hari ini pak Bupati menjadi Dosen dikampus kami. Kami sangat senang sekali, banyak hal yang dapat kami ambil jadi pelajaran pada Kuliah Umum ini seperti nilai Budaya Masyarakat Mentawai,” ungkap Mahasiswa Teknologi Pangan, Nurlina.

Ia menambahkan, adapun Materi Bupati yang terlintas oleh Nurlina adalah materi cara untuk mengembangkan Keladi Mentawai menjadi makanan yang memiliki Nilai Saing di Pasaran nasional. Tentunya dengan pemikiran Kreatif dan Inovatif.

Diawal pembahasannya, Yudas Sabaggalet menerangkan kepada Mahasiswa tentang pentingnya mengenal Wilayah Kepulauan Mentawai tentang luas Wilayah, Jumlah Kecamatan,  Desa, Dusun, Jumlah Penduduk, Batas Wilayah pe kepulauan dan semua hal yang terkait tentang Mentawai.

Adapun uraian Materi yang disampaikannya saat itu ialah Keladi merupakan salah satu Komiditi tanaman asli Mentawai yang memiliki nilai Budaya dan nilai Ekonomis yang dapat dikembangkan, melalui Konsep Uma dengan pendekatan kewirausahaan.

Ia menghimbau Mahasiswa Akademi Komunitas Mentawai yang terbagi dari dua Program Studi yaitu Budidaya Perikanan dan Teknologi Pangan agar memahami nilai budaya Mentawai yang telah mampu mandiri sejak dahulu.

“Dahulu Uma merupakan tempat tinggal satu suku Masyarakat Mentawai. Misalkan, Uma Suku Sabaggalet. Dan begitu juga dengan Uma suku lainnya. Seterusnya berkembang dan Mandiri sehingga Uma dalam satu suku itu bertambah yang tinggal hidup seperti rumah Komplek atau rumah kelompok Suku Sabaggalet, begitu juga dengan suku lain,” Ungkap Yudas Sabaggalet pada sambutannya.

Penyebaran itu terjadi karena Masyarakat sejak dahulu telah mampu mandiri secara Ekonomi melalui bercocok tanam keladi sebagai makanan pokok Masyarakat dahulunya. Hingga hari ini Masyarakat menyebar ke berbagai pulau di kepulauan Mentawai. Sehingga penyebaran ini menjadi alasan rasa kekerabatan di Mentawai yang tinggi diantaranya Solidaritas.

Maka melalui Materi mempersiapkan Kewirausahaan Bagi Sumber Daya Manusia Pemuda Mentawai dengan Mengoptimalkan Sumber Daya Lokal Yudas Sabaggalet mendorong Mahasiswa agar Kreatif dan Inovatif. “Yang membuat suatu daerah itu maju adalah banyaknya Pengusaha yang bergerak di suatu daerah tersebut. Dan saya berharap adek-adek mahasiswa nanti menjadi Pengusaha di Mentawai. Dimana banyak Potensi Sumber Daya Alam kita yang dapat dikelola. Dan ini tujuan Perjuangan kita mendirikan Akademi Komunitas Mentawai disini,” tambah Yudas.

Asal Keladi menurut Kisah Pageta Sabbau atau Nenek Monyang orang Mentawai yang memiliki kelebihan adalah ketika ia menyuruh orang Mentawai memilih Makanan diantaranya, Pisang dengan Ikan dan Keladi dengan Udang. Maka orang Mentawai memilih Keladi dan Udang.

“Orang Mentawai tidak Bodoh dari dahulu sudah berpikir sudah punya daya Cipta. Kenapa, apabila pisang dimakan dibuang Kulitnya tidak bisa tumbuh begitu juga ikan. Tetapi kalau Keladi ditanam batangnya dia bisa hidup dan juga udang jika dibuang kulitnya dia masih hidup,” katannya. Ia berpesan kepada Mahasiswa agar tidak malu menjadi Orang Mentawai dan tetap percaya diri dimana saja berada .

Pada kesempatan itu Ketua PDD Mentawai, A. Oreste Sakeroe sebagai Moderator mengucapkan terima kasih kepada Bupati Mentawai disela-sela kesibukanya telah dapat mengisi Kuliah Umum Kewirausahaan di kampus. Dan juga hadir Ketua Program Studi Teknologi Pangan, Hatisama Hura, Ketua Program Studi Budidaya Perikanan, Emilla Busmery diwakili Dosen Hendri L Raja dan Admin.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre