Breaking News

KENDATI KABUT ASAP MENIPIS, TIM SATGAS KARHUTLA SUMSEL TERUS MELAKUKAN PEMADAMAN DI LOKASI KEBAKARAN

PALEMBANG (SUMSEL) FN -- Kendari kabut asap terlihat sudah semakin tipis di Kota Palembang dan sekitarnya, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terjadi di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut data aplikasi Lapan posisi 24H pada hari ini, Senin (28/10/2019) pagi, terdapat titik api (hotspot) di beberapa daerah Provinsi Sumsel, diantara nya; Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin dan Muara Enim.

Menyikapi hal itu, Satgas Karhutla Sumsel kembali menggelar rapat koordinasi terkait dengan upaya penanganan dan pencegahan karhutla, Senin (28/10/2019) di ruang rapat Makorem 044/Gapo Palembang. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Sonny Septiono bersama Kalaksa BPBD Sumsel Iriansyah, unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Pemprov Sumsel dan beberapa stakeholder lainnya.

“Dalam rapat tersebut, membahas upaya yang akan dilakukan dalam mengantisipasi karhutla agar lebih intensif. Termasuk kesiapan sarana dan prasarana yang ada, baik dari pemerintahan, Manggala Agni dan perusahaan perkebunan swasta di Sumsel", kata Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan, Senin (28/10/2019).

Kapendam menjelaskan bahwa, Sumsel merupakan daerah yang sangat rawan terjadinya karhutla. Hal ini diperparah dengan luasnya kawasan gambut yang sangat mudah terbakar. "Terlebih sebelum masuk musim kemarau,”ujarnya.

Ada beberapa daerah rawan karhutla yang sudah dipetakan Satgasgab Sumsel yaitu, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Muara Enim. Di daerah ini banyak lahan gambut yang mudah terbakar.

Daerah lain pun turut menjadi perhatian seperti Kota Prabumulih, Kabupaten Empat Lawang dan Musi Rawas. Lahan mineral di kawasan ini juga lebih mudah terbakar saat musim kemarau.

Untuk itu, kegiatan pemantauan terus dilakukan secara rutin melalui satelit untuk mengetahui kondisi terkini dari lokasi-lokasi yang selama ini rawan terbakar.

"Kondisi kawasan yang rawan terbakar di Sumsel setiap hari terus dipantau oleh Tim Satgas Udara. Untuk memastikan titik api tim Satgasgab darat langsung meninjau ke lokasi kebakaran", ungkap Kolonel Djohan.

Dari laporan yang diterima, hari ini terdapat beberapa titik api di Cengal dan Pematang Panggang Kab. OKI, di Banyuasin I dan Talang Kelapa Kab. Banyuasin, di Kec. Gelumbang Kab. Muara Enim dan di Penukal Utara, Penukal Abab Lematang Ilir.

Hingga sore hari ini, Satgasgab darat karhutla masih melakukan pemadaman sekaligus pendinginan di lokasi kebakaran, terutama di wilayah Kab. OKI yang paling banyak titik api.

Selain helikopter Water Bombing, puluhan mesin pompa dan Jet Sutter dan mobil PBK turut dikerahkan untuk melakukan pemadaman dan pembasahan, termasuk alat berat juga diterjunkan ke lokasi kebakaran. “Alat berat yang ada di sana untuk membuat penyekatan dan kanal agar api tidak semakin meluas", tambah Djohan.(Sudarmanto/Pendam II/ SWj)

1 comment:

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi. Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di no Wa 085-254-384-488 rasa senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya menulis pesan ini biar
    Semua orang tau,ini sebuah kisa nyata dari saya dan tidak ada rekayasa sedikit pun yang saya tulis ini,sekali lagi terimah kasih banyak ya Aki dan insya allah suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu Sartika dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB NYATA

    ReplyDelete

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre