Breaking News

HKG PKK ke 47 Tahun 2019, Berikut Tentang PKK Mentawai.

Foto : Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Ketua PKK Mentawai, Rosmaida Yudas serta jajaran. Rabu, (23/10/2019).

Mentawai. Figurnews.com- Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesehjahteraan Keluarga (PKK) ke 47 tahun 2019, Ketua PKK Kepulauan Mentawai, Rosmaida Yudas megatakan PKK merupakan lembaga yang dimulai dari kepengurusan Pusat, Provinsi hingga ke tingkat Kabupaten.

“Kita di Mentawai memiliki 43 Desa yang terbagi dari 10 Kecamatan. Maka melalui itu disetiap Desa memiliki Kepala Desa, dan Istri Kepala Desa ini yang menjadi Ketua PKK Desa yang mengkoordinir untuk memberikan pembinaan kepada setiap dusun, “ ungkapnya kepada Wartawan di Aula Bappeda. Rabu, (23/10/2019).

Dikatakannya bahwa setiap tingkat Pengurus memiliki tugas disetiap jajaran. Disini, PKK Kabupaten memiliki tugas terhadap setiap Kecamatan dan PKK Kecamatan memiliki tugas terhadap Desa dan hingga seterusnya.

Sementara itu, diterangkannya Kelompok terkecil dalam kepengurusan PKK adalah Kelompok Dasa Wisma dari Masyarakat setiap dusun yang menjadi bagian dan binaan PKK desa. Maka untuk menentukan jumlah Dasa Wisma itu ada di setiap dusun. “Kalau kita lihat dari sekarang sudah ada sebanyak kurang lebih 400 Kelompok Dasa Wisma di kabupaten kepulauan Mentawai,” Rincinya.

PKK adalah lembaga Masyarakat yang diakui secara Nasional dan diakui 100 persen oleh Presiden. Hal itu sesui Undang-undang no 99 tahun 2017 tentang Pemberdayaan Masyarakat. Artinya, apa yang kita harapkan tentu dimulai dari PKK pusat hingga PKK Kabupaten yang merambat hingga kesetiap dusun atau kelompok Dasa Wisma.

Sehingga tercapainya 10 Program pokok PKK yakni, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana rumah tangga, Pendidikan dan Ketermapilan, Kesehatan, Pengembangan kehidupan berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat.

“Tentu kita mendorong kelompok Dasa Wisma untuk melaksanakan 10 Program ini. Melalui inilah kita memenuhi kebutuhan dasar yang perlu diperhatikan oleh Masyarakat. Dan setiap pengurus tentu berkoordinasi dengan Camat, Kepala Desa untuk melaksankan program tersebut,” terangnya.

Kita tahu bahwa Masyarakat itu ada di Desa dan di Dusun. Apabila kegiatan ini tidak digerakan hingga kebawah tentu tidak ada artinya. Apalagi Kondisi Geografis Mentawai yang merupakan daerah kepulauan.

Maka pada tahun 2015 sampai tahun 2019 ini pihaknya memulai dengan cara langsung turun ke setiap desa. Hal hasil, pihaknya dapat langsung melihat kondisi dan keadaan Masyarakat. Meskipun masih ada kekurangan namun itu yang mesti diisi. “Maka melalui itu kita pberjuang dan persiapkan diri untuk menuju daerah tersebut karena dalam perjalanan kita pasti menemukan Badai bahkan harus melewati sungai menggunakan boat,” paparnya.

Ia menegaskan bahwa PKK itu muncul bukan karena keinginan Ketua PKK sendiri. Tetapi, PKK adalah Program Pemerintah yang diatur oleh Undang-undang untuk pemberdayaan Masyarakat. Tentunya Program PKK adalah bagian dari Program kerja sama PKK dengan Pemerintah melalui Koordinasi.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre