Breaking News

HCTPS Ajang Budayakan Hidup Sehat Sejak Dini

Foto : Murid SD saat Cuci Tangan Pakai Sabun di halaman Dinas Kesehatan Mentawai. Selasa, (15/10/2019).

Mentawai.figurnews.com- Dinas Kesehatan kabupaten kepulauan Mentawai mengajak generasi muda budayakan cuci tangan sejak dini. Hal itu disampaikan dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) pada 15 Oktober 2019 ini.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan meskipun kegiatan ini sederhana namun memberikan dampak bagi masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyakit diare dan infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

Ia menyebutkan kebiasaan hidup bersih dan sehat dapat mrngurangi penyakit hingga hampir 50 persen. Dan dapat membiasakan cuci tangan pakai sabun bisa memutuskan mata rantai penyakit.

Cuci tangan pakai sabun merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter seperti kemandirian, kerjasama dan kompetisi bagi peserta didik di sekolah.

Dikatakan Lahmuddin cuci tangan tidak hanya melihat sisi kesehatannya, tetapi bagaimana anak-anak juga di ajarkan untuk mensinergikan antara kesehatan dan pendidikan.

“Perlombaan yang kita laksanakan ini untuk mengingatkan kembali peserta didik bahwa cuci tangan pakai sabun harus kita budayakan dikehidupan keluarga, karena dapat menghindari dan mencegah penyakit” sebut Lahmuddin Siregar.

Sementara untuk manfaat lainnya cuci tangan juga sebagai edukasi sejak dini bagi anak-anak peserta didik, karena pencegahan lebih baik dari pada mengobati, paparnya.

Ia menambahkan, budaya cuci tangan ini diharapkan setiap sekolah menyediakan tempatnya, kalau tingkat Dinas kesehatan setiap puskesmas fasilitas tempat cuci tangan harus disiapkan untuk menghindari kuman usai melaksanakan tugas, tutupnya.

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre