Breaking News

Festival Tomalou 2020: Menjaring Kekuatan Diatas Sampan.

Foto Bersama Masyarakat Tomalou Saat Melakukan Persiapan Festival Tomalou 2020


Maluku Utara (Tidore) FN,- Dalam membangkitkan kembali semangat generasi muda untuk mengenal dan mencitai budaya lokal terutama sejarah kemaritiman serta menyadari pentingnya pemahaman dan literasi generasi muda terhadap sejarah dan budaya leluhur tersebut kemudian mendorong Ngofa Se Dano Tomalou (anak cucu Tomalou) untuk membuat suatu kegiatan yakni Festival Tomalou 2020 dengan tema Menjaring Kekuatan Diatas Sampan.


Sekertaris Panitia Abd Gani Fardanan saat ditemui media ini Sabtu, (26/10/2019) disekretariat menyampaikan, kata "Sampan" yang diangkat dalam tema tersebut karena secara historis kelurahan Tomalou merupakan salah satu kampung nelayan terdepan di Kota Tidore Kepulauan yang sudah dikenal secara luas baik ditingkat regional maupun nasional. Kultur masyarakat Tomalou yang dikenal sebagai masyarakat nelayan memiliki sejarah panjang tentang kejayaan armada laut pada masa lampau. Oleh karena itu Festival Tomalou mempunyai relevansi untuk mendorong generasi muda agar lebih mencintai dunia kemaritiman. 


"Nelayan bagi masyarakat Tomalou bukan hanya soal profesi melainkan jati diri serta memiliki nilai historis yang tidak dapat dipisahkan," tutur Gani sapaan ketua Panitia.


Lanjut Gani, kegiatan festival ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19-26 Januari 2020 yang terpusat di depan Masjid Agung Nurul Bahar Kelurahan Tomalou Kota Tikep Provinsi Maluku Utara. Dalam festival Tomalou ini akan terdapat 7 (tujuh) jenis lomba yang nanti akan dibuat oleh panitia yakni Seminar Sejarah Tomalou, Lomba Cerdas Cermat Nelayan, Pameran Budaya, Lomba Mancing, Lomba Renang, Lomba Dayung, dan Lomba Permainan Anak Nelayan.


"Yang menjadi peserta dalam festival Tomalou 2020 yakni generasi muda Tomalou di Ternate, generasi muda Tomalou di Tidore dan Umum," tutup Gani. (RM)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre