Breaking News

Dinkes Mentawai Penuhi Kebutuhan Pustu Saliguma

Foto : Pustu Desa Saliguma, kecamatan Siberut tengah. Senin, (16/09/2019).

Mentawai. figurnews.com- Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Saliguma, kecamatan Siberut tengah sempat kekurangan Tenaga Kesehatan Bidan.

Hal itu diungkapkan Perawat Pustu Saliguma Ardonald kepada Wartawan. Senin, (16/09/2019) bahwa pihaknya kesulitan untuk menangani Persalinan. 

"Masalah Persalinan kami memang tidak mengerti karena itu bukan bidang kami, namun kami tetap berupaya sekuat tenaga." Ungkapnya. 

Ia berharap agar Tenaga Kesehatan Bidan ada di Pustu untuk mempermudah proses persalinan Masyarakat yang melahirkan. 

Menurutnya memang sudah ada bidan yang telah ditugaskan di Pustu itu. Namun masih dalam proses pelatihan di Puskesmas Saibi. 

"Kami ditugaskan disini berjumlah 3 Orang yang terdiri dari 2 Orang Perawat Pria dan 1 Orang Perawat Wanita," terang Arnold

Sementara itu Kepala Dinkes Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan untuk memenuhi kebutuhan kekurangan Tenaga Kesehatan pihaknya telah merekrut sebanyak 35 Tenaga Kesehatan dan 17 Tenaga Non Kesehatan. 

Sebanyak 34 Tenaga Kesehatan itu terbagi atas 3 orang Dokter Umum, 1 Orang Farmasi, 1 Orang Tenaga Gizi dan 29 orang Bidan untuk di tugaskan di daerah pelosok kepulauan Mentawai, salah satunya di Desa Saliguma.

Bidan tersebut telah di berikan Surat Keputusan (SK) kontrak pada 16 September 2019 lalu. Dan tengah melaksanakan Training di Puskesmas Saibi. 

"Kalau bidan Permanen atau PNS untuk saat ini  belum ada hanya saja kita masih menunggu karena formasi Bidan penerimaan Tenaga Kesehatan CPNS Mentawai pada tahun 2018 tidak ada. Semoga tahun ini ada," Sebut Lahmuddin Siregar kepada Wartawan. Senin, (30/09/2019).

Ia menghimbau kepada seluruh Tenaga Kesehatan yang ada di kepulauan Mentawai agar melayani Masyarakat dengan baik. Artinya jangan hanya menunggu. Namun hendaklah untuk melakukan kunjungan kesetiap rumah di desa tersebut. 

"Kepada Tenaga Medis agar jemput bola supaya kita dapat memastikan Masyarakat kita dalam keadaan sehat," terangnya.

Selanjutnya agar petugas berusaha menyakinkan Masyarakat untuk melakukan persalinan melalui Bidan yang memilili keterampilan yang telah di bekali dengan Surat Tanda Registrasi (STR) dan di dukung dengan alat medis dalam proses persalinan. 

"Tenaga Kesehatan itu adalah Alternatif pertama. Jangan sampai Masyarakat ke Dukun dulu baru ke Tenaga Kesehatan karena kehadiran Petugas Kesehatan disini dalam rangka menyehatkan Masyarakat," paparnya. 

Namun jalin kerja sama antara dukun dan Tenaga Kesehatan dalam mendukung persalinan di tengah Masyarakat. Dan ini yang harus kita galakan hingga kebawah, tutup Lahmuddin Siregar.

Ada sebanyak 11 dusun di desa Saliguma yakni dusun Silabok Abag, Simalibagbag, Sikebukkad, Mangujuk, Matoinang, Sitamonga, Sarabua, Limu, Guluk-guluk, Gotap dan Limu. Dan di perkirakan Jumlah Penduduk di Desa Saliguma mencapai 2000 jiwa. 

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre