Breaking News

Demi Kuliah, Dua Mahasiswi Akademi Komunitas Mentawai Ini Jalan Kaki Sejauh 5 KM

Foto : Dua Mahasiswi Akademi Komunitas Mentawai saat menuju pulang. Senin, (30/09/2019).

Mentawai. figurnews.com- Demi kuliah Mahasiswa Program Studi Diluar Domisili (PDD) rintisan Akademi Komunitas Negeri (AKN) Mentawai berjalan kaki pulang dan pergi sejauh 5 Kilometer setiap hari. 

Dua Mahasiswi itu yakni Mirsalina (21) dan Nurlina (20). Mereka adalah ahasiswi Program Studi Teknologi Pangan angkatan tahun Akademik 2018-2019. 

Menurut Nurlina bahwa jalan kaki merupakan hal yang telah biasa dia lakukan sejak awal kuliah dahulu. 

Nurlina yang tinggal di Jl. Raya Tuapejat Km-03, Desa Tuapejat itu menuju Kampus Jl. Raya Tuapejat Km-09, Desa Bukit Pamewa itu menghabiskan waktu sekitar 3 jam perjalanan. 

"Jika kami berangkat jam 10.30 wib kadang nyampe di kampus jam 13.30," ungkapnya kepada Wartawan di kampus. Senin, (30/09/2019). 

Meski begitu ia mengatakan terkadang sekali-kali ia dan temannya mendapatkan tumpangan dari beberapa pengendara yang baik hati saat melihat mereka.

"Kemaren pas pulang kami di tumpangin becak barang yang kebetulan lewat disana," sebutnya.

Jalan kaki ini sebuah rutinitas yang kami lakukan setiap hari karena apapun yang terjadi kami harus terima. Cuma ini kita lakukan atas niat baik, tambah Nurlina. 

Hal serupa juga pernah ia lakukan saat masih di SMK Negeri 1 Kepulauan Mentawai, Desa Saurenuk, kecamatan Sipora selatan. 

"Sebenarnya jalan kaki udah hal yang biasa saya lakukan sejak dulu masih Sekolah. Dari rumah di Silakoinan menuju Sekolah di Saurenuk saya harus mendaki dua gunung hingga menuju Sekolah," terangnya. 

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Kurnia Sakerebau Apresiasi Mahasiswa tersebut atas kesungguhan mereka kuliah di PDD AKN Mentawai. 

"Semangat mereka ini adalah Sikap dan Sifat Mahasiswi kita dalam mencerminkan keseriusan dalam menuntut ilmu," ungkapnya. 

Ia Menambahkan, Maka dari Persoalan seperi ini dalam dunia Pendidikan untuk kemajuan diri, Keluarga dan Bangsa Mahasiswa itu sendiri marilah kepada Mahasiswa lain untuk menjadikan ini sebagai contoh. 

Namun kendala itu mesti dipikirkan seperti apabila turun hujan serta kemungkinan lainnya seperti sakit. 

"Namun sebaliknya untuk membantu hal yang semacam ini, tentu baiknya ada Bus kampus dan Asrama Mahasiswa," tambahnya. 

Sebenarnya kita tidak perlu bicarakan semangatnya, namun yang harus kita bicarakan itu adalah Solusi untuk mereka yang memiliki jiwa dan semangat tinggi ini. 

Ada 3 Alternatif untuk Mahasiswa ini yaitu adanya Mobil Bus Kampus, Asrama dan Kos di sekitar kampus tentu ini kembali kepada biaya untuk itu. 

"Untuk menjawab persoalan ini, marilah kita bangun kampus sederhana yang memiliki Asramanya. Dan Bus kampus yang dapat berfungsi untuk ngantarkan Mahasiswa Kuliah dan Praktek guna mendorong semangat Mahasiswa kita disini," terangnya. 

Tercatat saat ini Nurlina dan Marselina adalah beberapa Mahasiswa yang Pejalan kaki dari sebagian Mahasiswa PDD AKN mentawai dan menurut data Jumlah Mahasiswa berasal dari 10 kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai. Rata-rata Mahasiswa jauh dari Orang Tua. 

Wartawan : Erik Virmando

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre